nusabali

Lolos 99 Orang, KPU Siap Gelar CAT

Seleksi Administrasi Calon PPK Pilkada Buleleng 2024

  • www.nusabali.com-lolos-99-orang-kpu-siap-gelar-cat

Tes tulis metode CAT dilakukan pada Selasa (7/3), di tiga tempat yakni SMAN Bali Mandara, SMKN 3 Singaraja, dan SMKN 2 Seririt.

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 99 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 dinyatakan lolos seleksi administrasi. Jumlah tersebut sudah melebihi dua kali jumlah kebutuhan. Puluhan peserta seleksi tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan tes tulis dengan metode computer assisted test (CAT).

Jumlah calon PPK yang lolos seleksi administrasi baru terpenuhi setelah KPU Buleleng melakukan perpanjangan waktu pendaftaran selama tiga hari. Tahapan pendaftaran calon PPK berlangsung pada 24 April sampai 2 Mei 2024.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana, Minggu (5/5), mengatakan perpanjangan pendaftaran dilakukan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sukasada dan Kecamatan Sawan. Sebab pada termin pertama pendaftaran yang dibuka pada 24–29 April lalu, pelamar di dua kecamatan tersebut belum memenuhi persyaratan 2 kali jumlah kebutuhan atau masing-masing 10 orang pelamar. Sehingga perpanjangan waktu pendaftaran dilakukan selama 3 hari sampai dengan 2 Mei.

Foto: Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana. -LILIK

“Ketentuan tahap seleksi administrasi harus memenuhi dua kali jumlah kebutuhan. Masing-masing kecamatan akan ditetapkan 5 orang PPK, sehingga tahap pendaftaran itu minimal harus ada 10 peserta seleksi,” kata Dudhi.

Selanjutnya 99 orang calon PPK di 9 kecamatan wilayah Kabupaten Buleleng akan menjalani tes tulis dengan metode CAT. KPU Buleleng pun sudah menyiapkan tempat tes, bekerja sama dengan 3 sekolah yang memiliki sarana penunjang. Ketiga sekolah itu yakni SMAN Bali Mandara, SMKN 3 Singaraja, dan SMKN 2 Seririt. Tes tulis dengan metode CAT akan digelar pada Selasa (7/5) dan dibagi menjadi 3 wilayah.

Peserta seleksi di Kecamatan Sawan, Kubutambahan, dan Tejakula akan mengikuti tes di SMAN Bali Mandara. Peserta di Kecamatan Sukasada dan Buleleng dijadwalkan CAT di SMKN 3 Singaraja. Terakhir peserta di Kecamatan Banjar, Seririt, Busungbiu, dan Gerokgak akan mengikuti CAT di SMKN 2 Seririt. 7 k23

Komentar