nusabali

Atasi Uzbekistan, Jepang Juara Piala Asia U-23

Indonesia Harusnya Belajar dari Samurai Muda

  • www.nusabali.com-atasi-uzbekistan-jepang-juara-piala-asia-u-23

DOHA, NusaBali - Jepang U-23 berhasil mengalahkan Uzbekistan U-23 di final Piala Asia U-23 2024, usai menang topis 1-0, di Jassim Bin Hamad Stadium, Jumat (4/5) malam WITA. Laga final tersebut bisa jadi pelajaran besar bagi skuad Timnas Indonesia U-23.

Ya, laga final antara Jepang dan Uzbekistan dianggap setara, karena keduanya memiliki peluang juara yang sama. Uzbekistan U-23, yang menyingkirkan Indonesia U-23 di semifinal, pun tampil tangguh di laga final. Bahkan pasukan Uzbek sangat dominan di babak pertama, membuat Jepang sulit melawan.

Meski begitu, akhirnya justru Jepang U-23 yang berhasil meraih kemenangan tipis 1-0. Gol tunggal dicetak Fuki Yamada di ujung pertandingan, menit ke-90+1. Hasil itu memastikan Jepang keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024, dan Uzbekistan menjadi runner-up.

Uzbekistan U-23 layak disebut sebagai tim terkuat di ajang kali ini. Mereka tidak pernah kalah sejak laga pertama, nahasnya justru keok di partai pemungkas.

Jepang U-23 pun sempat dibuat kesulitan menghadapi Uzbekistan. Skuad Jepang kelimpungan di babak pertama, dipaksa bertahan. Uzbekistan sangat dominan, tapi skor tetap 0-0.

Statistik pun menunjukkan Uzbekistan lebih banyak mengancam. Mereka melepas total 18 tembakan, 5 di antaranya tepat sasaran, tapi tidak ada yang jadi gol. Jepang hanya melepaskan 8 tembakan termasuk 2 tepat sasaran, salah satunya jadi gol.

Artinya, Jepang lebih banyak main bertahan di laga ini, tapi ujungnya justru mereka yang keluar sebagai juara. Ketekunan Jepang jadi faktor utama kekalahan Uzbekistan.

Meski di level berbeda, laga Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 dan Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23 memiliki sejumlah kemiripan. Uzbek sama-sama dominan, serangan tim lawan dibatasi.

Perbedaannya menurut bola.net,  Jepang bertahan dengan lebih solid, lalu tahu caranya memaksimalkan peluang kecil untuk jadi gol. Pergerakan Jepang sangat efektif, tidak frustrasi meski dipaksa bertahan oleh tim lawan.

Jepang bermain sangat tekun selama 90 menit, sampai akhirnya bisa menemukan gol di menit ke-90+1. Mereka tahu Uzbekistan bakal dominan dan justru mencari celah dalam dominasi tersebut.

Jika dilihat secara statistik, dominasi Uzbekistan terhadap Indonesia dan terhadap Jepang tidak jauh berbeda. Meski begitu, Indonesia harus mengaku kalah, sementara Jepang menunjukkan kualitas mereka. *

Komentar