nusabali

Striker Irak Dukung Indonesia ke Olimpiade

Nathan Banjir Pujian, Marselino Dikritik Terlalu Egois

  • www.nusabali.com-striker-irak-dukung-indonesia-ke-olimpiade

Saya juga berharap empat tim Asia lolos dan semoga Indonesia beruntung dan menang di Paris untuk playoff melawan Guinea.

DOHA, NusaBali - Striker Timnas Irak U-23 Ali Jasim mendukung dan mendoakan Timnas Indonesia U-23 menyusul negaranya, Jepang, dan Uzbekistan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Bersama Zaid Tehseen, Ali Jasim menjadi penentu kemenangan Irak atas Indonesia 2-1 di perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024 Qatar, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5) malam. 

Kemenangan itu menjadi jalan terakhir tiket otomatis wakil Asia ke Olimpiade Paris. Indonesia yang hanya mencetak satu gol melalui Ivar Jenner harus lebih bersabar untuk tiket Olimpiade Paris.

Selanjutnya Garuda Muda akan menghadapi dalam babak playoff antar-konfederasi melawan Guinea (wakil Afrika), Kamis (9/5) mendatang. Ali Jasim pun berharap Rizki Ridho dkk keluar sebagai pemenang melawan Guinea. 

“Saya (juga) berharap empat tim Asia lolos dan semoga Indonesia beruntung di Paris (untuk playoff) melawan Guinea,” kata striker 20 tahun itu, di laman resmi AFC, Jumat.

Jasim, yang dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan, juga memuji karakter timnya yang bangkit dari ketertinggalan satu gol melalui tendangan jarak jauh Ivar Jenner.

Sementara itu, pencapaian Timnas U-23 di Piala Asia U-23 mengundang pujian dari banyak pihak. Termasuk dari konfederasi sepak bola Asia (AFC).

"Perjalanan yang luar biasa, kalian telah membuat bangga negara. Selamat, Indonesia," begitu tulis AFC di berbagai media sosialnya, disertai video akhir laga Indonesia kontra Irak.

Sedangkan pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) menilai perbedaan kedalaman skuad dalam tim menjadi faktor kunci kemenangan Irak. Menurutnya, ada perbedaan dalam level performa individu.

“Pada setiap laga kami hampir memainkan sebelas pemain yang sama, mungkin itu jadi kesulitan bagi tim kami untuk menyamai level mereka," kata STY.

STY pun mengatakan akan fokus memulihkan stamina para pemain pada jangka waktu 2-3 hari ke depan sebelum mempersiapkan strategi dan analisis menjelang laga menghadapi Guinea.

Sementara itu, hasil riset PT Binokular Media Utama (Binokular) menyebut pemain Timnas U-23, Nathan Tjoe A-On menjadi pemain yang paling diapresiasi suporter pascakalah dari Irak dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Manajer Social Media Data Analytics (Socindex) Binokular, Danu Setio Wihananto menjelaskan isu populer di ranah media sosial tidak berbeda jauh dengan isu populer pada media masa yang membahas jalannya pertandingan termasuk gelaran nonton bareng. 

Namun Danu menggaris bawahi terdapat pemain Timnas U-23 yang disorot secara signifikan netizen yakni penampilan dari Nathan Tjoe-A-On mendapatkan banyak pujian.

"Bahkan banyak warganet yang menyebut Nathan sebagai “tulang punggung Timnas” pada pertandingan semalam,” kata Danu Setio Wihananto, Jumat.

Nathan memperoleh pujian dari sejumlah kalangan pengguna internat karena melalui aksinya menghindarkan Garuda Muda dari kebobolan hingga tubuhnya terhempas ke jaring gawang.

Selain itu warga internet juga banyak mengkritik performa penyerang sayap, Marselino Ferdinan, yang dinilai terlalu bermain egois dan tidak melakukan kerjasama antar tim. “Netizen bahkan menyindir bahwa Marselino bukanlah Ronaldo atau Messi,” tegas Danu Setio. ant

Komentar