nusabali

Jumat Curhat, Warga Harapkan Layanan SIM Keliling

  • www.nusabali.com-jumat-curhat-warga-harapkan-layanan-sim-keliling

NEGARA, NusaBali - Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto menggelar program Jumat Curhat di Desa Asahduren, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Jumat (3/5). Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendengarkan keluh kesah, saran ataupun kritik terkait situasi kamtibmas di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres didampingi oleh Kapolsek Pekutatan, Kasat Binmas Polres Jembrana, dan Bhabinkamtibmas Desa Asahduren. Tampak hadir Perbekel Desa Asahduren I Nyoman Mandia, Kelian Dinas serta Kelian Adat se-Desa Asahduren, Pecalang, Polprades Desa Asahduren, dan masyarakat Desa Asahduren.

Salah satu aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam kegiatan ini adalah terkait pelayanan SIM keliling. Salah satu perwakilan tokoh masyarakat berharap agar layanan tersebut dapat diadakan di Desa Asah Duren untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku SIM.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Endang menyampaikan bahwa layanan SIM keliling biasa digelar di tempat-tempat strategis. Namun, pihaknya menegaskan dapat mempertimbangkan untuk mendatangkan unit pelayanan SIM keliling ke Desa Asah Duren jika pemohonnya cukup banyak. "Berkaitan dengan pelayanan SIM keliling, diharapkan Perbekel untuk mendata warga masyarakat yang akan mencari SIM. Bilamana jumlahnya cukup untuk didatangkan unit pelayanan SIM keliling di Desa Asahduren, tinggal komunikasi dengan Bhabinkamtibmas untuk disampaikan ke Polres Jembrana," ucap AKBP Endang.

Selain tentang SIM keliling, masyarakat juga sempat menanyakan tentang antisipasi maraknya  kejahatan melalui media sosial (medsos) atau penipuan online. Terkait hal itu, AKBP Endang mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan medsos ataupun gawai. Dirinya pun mengimbau masyarakat untuk menghindari membuka pesan, link, ataupun mengangkat telepon dari orang yang tidak jelas.  

"Bila terlanjur diangkat, segera blokir atau dihapus. Karena sudah banyak korban penipuan di medsos. Pastikan kroscek kebenaranya. Jika ada masyarakat yang merasa menjadi korban kejahatan memalui medsos, agar segera melapor ke kepolisian terdekat," ujar AKBP Endang.

Di akhir acara itu, AKBP Endang juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan mereka. Pihaknya juga meminta masyarakat tidak ragu untuk menghubungi call center Polres Jembrana di 110 (bebas pulsa) atau melalui Wa pengaduan Polres Jembrana di 082145872003 jika melihat atau menemukan gangguan Kamtibmas.7ode

Komentar