nusabali

Maarten Paes Tak Sabar Perkuat Timnas Indonesia

Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam Proses Naturalisasi WNI

  • www.nusabali.com-maarten-paes-tak-sabar-perkuat-timnas-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Kiper klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas Maarten Paes (25 tahun) mengaku tidak sabar segera membela tim nasional  Indonesia menyusul status kewarganegaraan Indonesia yang resmi disandangnya.

Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan pengambilan sumpah menjadi warga Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa (30/4).

"Saya sangat bangga. Ini momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia),” kata Maarten, di laman resmi PSSI, Rabu (1/5).

Namun, Maarten harus memenuhi beberapa syarat agar dapat tampil membela Merah Putih, salah satunya menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) karena Maarten pernah membela timnas Belanda U-21 di Piala Eropa U-21 2021 saat berumur 22 tahun.

"Semuanya sudah jelas pada Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak di Piala Dunia, dan itu target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin,” kata kiper bertinggi 1,92 meter itu.

Lebih lanjut, Maarten juga memberikan komentarnya pada kultur sepak bola Indonesia yang masyarakatnya sangat fanatik. Dia mengambil contoh fanatisme masyarakat Indonesia ketika menyaksikan Garuda Muda di pergelaran kelompok usia Piala Asia U-23 2024 Qatar yang kini akan memainkan perebutan peringkat ketiga melawan Irak untuk mendapatkan satu tiket otomatis bermain di Olimpiade Paris 2024.

Maarten adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Dia memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur, pada 20 Maret 1940.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan dua pemain liga asing Calvin Verdonk dan Jens Raven sedang dalam proses naturalisasi untuk memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia.

Erick mengatakan, setelah kembali dari Doha, Qatar, dia kembali fokus meningkatkan kekuatan timnas Indonesia, salah satunya melalui upaya mempercepat naturalisasi pemain keturunan Indonesia yang bermain di liga asing.

Calvin Verdonk dan Jens Raven adalag dua pemainLliga Belanda yang akan memperkuat timnas Indonesia menyusul Maarten Paes yang sudah resmi menjadi WNI.

Calvin adalah pemain asal Belanda yang saat ini membela NEC Nijmegen. Bek 27 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Meulobah, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Sedangkan Raven juga pemain asal Belanda yang saat ini bermain sebagai penyerang di FC Dordrecht. Pemain 18 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Yogyakarta.

Apabila proses naturalisasi bisa berlangsung cepat, maka kedua pemain itu berpeluang menjalani debut pertama bersama timnas Indonesia pada Juni. Skuad Garuda akan memainkan dua laga terakhir Grup C putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 12 Juni dengan status sebagai tuan rumah.

Pada dua laga itu, Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan akan lebih dekat Piala Dunia Sepakbola di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. ant

Komentar