nusabali

BRIN Target Lakukan Riset Ekspedisi Besar-besaran Tahun Ini

  • www.nusabali.com-brin-target-lakukan-riset-ekspedisi-besar-besaran-tahun-ini

JAKARTA, NusaBali - Badan Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menargetkan pada tahun ini akan melakukan riset berbasis ekspedisi dengan skala besar. Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, menjelaskan selama 2 tahun terakhir, lembaganya baru berfokus pada pengumpulan sumber daya, sehingga di momentum HUT ke-3 ini, BRIN akan berfokus melakukan riset dengan skala besar.

“Bahwa kita itu harus menjadi jangkar, penarik riset dan inovasi secara nasional, melalui riset-riset yang platform-platform yang memang besar yang memang tidak mungkin dilakukan oleh universitas misalnya, apalagi oleh industri,” kata Laksana dalam konferensi pers di gedung BRIN, Jakarta Pusat, Minggu (28/4) seperti dilansir detikcom.

Salah satunya, kata dia, riset yang berbasis ekspedisi yang memerlukan sumber daya yang besar. Laksana mengatakan di sana sesungguhnya peran BRIN diutuhkan. “Riset yang terkait dengan yang basisnya ekspedisi, ekspedisi di laut, yang besar-besaran gitu ya, memakai armada kapal riset, kemudian juga ekspedisi di darat, terkait dengan biologi struktur ya, itu kan riset yang memang raksasa, ya yang membutuhkan sumber daya,” sebutnya.

“Sehingga nanti seluruh periset-periset di kampus dan sebagainya itu bisa ikut dalam bentuk melakukan aktivitas dari sub-sub-sub aktivitasnya itu,” tambahnya.

Laksana mengatakan, pada tahun ini BRIN memulainya dengan ekspedisi arkeologi secara besar. “Jadi kita mulai tahun ini sudah mulai masuk di situ, kami ada 11 platform ya, termasuk ekspedisi arkeologi yang besar-besaran, kita mulai tahun ini ya,” katanya.

Terkait harapan BRIN untuk pemerintahan selanjutnya, Laksana meyakini apa yang sudah ada sekarang akan dilanjutkan. Justru, kata dia, BRIN harus bisa membantu pemerintah dengan memberikan solusi atas masalah berdasarkan ilmu pengetahuan. “Khususnya memang fokus kami di pangan dan energi, yang basisnya sumber daya alam lokal ya, yang sudah kita miliki saat ini,” ucapnya. 7

Komentar