nusabali

Timor Leste Tinjau Lapangan Voli Pantai di Lovina

  • www.nusabali.com-timor-leste-tinjau-lapangan-voli-pantai-di-lovina

SINGARAJA, NusaBali - Rombongan Confederacao do Desporto de Timor Leste (CDTL) alias Federasi Olahraga Timor Leste menyambangi KONI Buleleng untuk melihat langsung fasilitas dan kondisi lapangan voli pantai di kawasan Pantai Lovina pada Sabtu (20/4). 

Kedatangan rombongan tersebut untuk mencari fasilitas Training Camp (TC) atau pemusatan latihan persiapan SEA Games 2025.

Presiden CDTL Macario Floriano Sanches disela-sela kunjungannya mengatakan Timor Leste bersama KONI Pusat telah melangsungkan kerjasama untuk pengembangan olahraga prestasi sejak 30 Agustus 2023. Kedatangannya ke Buleleng untuk mencari venue cabang olahraga untuk pemusatan latihan tim SEA Games Timor Leste. 

"Ada beberapa cabor yang kita ingin TC disini yakni voli pantai dan indor. Kami datang melihat fasilitas yang ada untuk membantu kami mempersiapkan tim voli pantai. Setelah ini kami akan kembali dan sampaikan ke pemerintah, mudah-mudahan disetujui untuk melakukan TC disini," kata Macario. 

CDTL menyebut akan datang kembali untuk membahas lebih lanjut mengenai teknis penggunaan fasilitas lapangan voli pantai ini untuk pemusatan latihan SEA Games. 

Sementara, anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Bali I Nengah Sudiarta mengatakan seluruh stakeholder KONI Bali membantu pengembangan cabang olahraga yang sekiranya bisa dikembangkan Timor Leste. Sebab sejauh ini dari perbincangan  CDTL mengaku masih kesulitan untuk bersaing meraih medali di ajang-ajang olahraga antar negara. Sehingga mereka datang mencari jalan peningkatan prestasi olahraga di Bali. 

"Beliau datang dan melihat langsung atas permintaan sendiri, karena sudah tahu di Lovina ini ada lapangan voli pantai. Mereka juga ingin latihan di Bali untuk voli pantai," kata Sudiarta. 

Sementara itu Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja menyambut baik kedatangan CDTL. Termasuk keinginan tim voli Timor Leste berlatih di Buleleng. Dari hasil pengamatan dan perbincangan, CDTL tertarik untuk melangsungkan pemusatan latihan voli pantai di Buleleng. 

"Di Lovina ini juga pusat pariwisata Buleleng, tentu tidak susah menemukan akomodasi dan transportasi yang baik. Kami juga siap bersparing partner dengan Timor Leste sekitar Juni-Juli," kata Wiratmaja.dar

Komentar