nusabali

‘Tempur’ di Brazil untuk Tiket Olimpiade

Atlet Menembak asal Bali, Dewa Putu Yadi Suteja

  • www.nusabali.com-tempur-di-brazil-untuk-tiket-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Atlet menembak asal Bali, Dewa Putu Yadi Suteja saat ini sedang mengikuti Kejuaraan Dunia Menembak di Brasil pada 16-18 April 2024. Kejuaraan itu, merupakan salah satu kualifikasi untuk memperoleh tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

Pelatih Menembak Bali, I Made Sugiantara atau biasa disapa Rino berharap Dewa Yadi meraih tiket tersebut. "Sebagai pelatih, saya berharap besar Dewa Yadi mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris," ujar Rino kepada NusaBali, Selasa (16/4). 

Menurut Rino, memang tidak mudah lolos ke Olimpiade. Terlebih persaingan di sana cukup kuat. Dewa Yadi tidak hanya bersaing dengan atlet menembak dari Asia saja. Melainkan dari Eropa pula. 

"Nomor beregu menembak banyak dikuasai atlet dari Asia seperti Korea Selatan, Jepang dan India. Namun, di sana Dewa Yadi tidak hanya bersaing dengan atlet dari Asia. Tapi juga dari Eropa, karena Brasil dekat dengan Eropa sehingga mereka ikut serta di kejuaraan itu," terang Rino.

Meski begitu, Rino yakin Dewa Yadi akan tampil maksimal. Lantaran prestasi dia selama ini di kejuaraan bertaraf internasional cukup bagus, terutama di beregu putra. Antara lain, Dewa Yadi dkk masuk grand final Indonesia Open pada 2023 lalu.

Kemudian meraih medali emas SEA Games 2022 Vietnam. "Berbekal prestasi itu, semoga Dewa Yadi juga mendapatkan prestasi bagus di Brasil sehingga bisa lolos ke Olimpiade," jelas Rino. Selama ini, kata Rino, belum ada atlet menembak dari Pulau Dewata yang membela Indonesia di Olimpiade.

Kelak, bila Dewa Yadi berhasil mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris, dia akan menjadi atlet menembak Bali pertama yang memperkuat tim merah putih. Dewa Yadi sendiri pada Kejuaraan Dunia Menembak di Brasil turun di 25 meter rapid fire pistol perorangan dan beregu putra.

Di beregu putra, dia turun bersama dua atlet menembak Indonesia lainnya. "Di beregu saya main bersama Anang Yulianto dan Deka Diko Anugerah," imbuh Dewa Yadi sebelum berangkat ke Brasil. 7 k22

Komentar