nusabali

16.117 Titik APJ di Denpasar Akan Gunakan Lampu LED

KPBU Alat Penerangan Jalan Jadi Program Prioritas Pemkot

  • www.nusabali.com-16117-titik-apj-di-denpasar-akan-gunakan-lampu-led

DENPASAR, NusaBali - Kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) penataan alat penerangan jalan (APJ) di Kota Denpasar menjadi salah satu program prioritas yang akan diwujudkan Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa di 2024 ini. Langkah ini merupakan upaya Pemkot Denpasar dalam meningkatkan pelayanan publik terhadap penerangan jalan umum.

Hal itu dikemukakan Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara usai menerima audiensi dari Asian Development Bank (ADB), di Kantor Walikota Denpasar, beberapa waktu lalu. 

Dijelaskannya, pihaknya mendorong agar realisasi KPBU tersebut berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini guna mendukung pemenuhan standard alat penerangan jalan pada penerangan jalan umum di Kota Denpasar. 

“Kami terus mendorong percepatan proses KPBU yang selanjutnya pengerjaan APJ dapat mulai dilaksanakan pada September 2024,” ujar Walikota Jaya Negara. 

Disampaikannya, pengadaan APJ ini merupakan program prioritas yang perlu segera diealisasikan. Karena hal ini menyangkut keselamatan dan keamanan pengguna jalan raya. Program ini juga berdampak dalam meningkatkan estetika yang mempercantik wajah Kota Denpasar.

“Sehubungan dengan kerja sama ini, kami berharap proyek KPBU APJ di Kota Denpasar dapat berjalan dengan lancar sesuai waktu yang ditentukan, dengan hasil realisasi yang maksimal sesuai kebutuhan di setiap titik jalan,” kata Walikota Jaya Negara.

Kepala Bappeda Kota Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma secara terpisah menjelaskan, proyek KPBU penataan APJ di Kota Denpasar dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan. Yakni intensitas cahaya lampu yang beragam, panel tidak standar, penempatan APJ kurang ideal, serta jarak tiang APJ tidak ideal. Nantinya melalui KPBU ini Pemkot Denpasar akan mengganti seluruh lampu APJ dengan lampu LED pada 16.117 titik. Selain itu, juga turut dilaksanakan penambahan lampu di daerah yang belum terlayani.

“Semoga program prioritas ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. Nantinya APJ di wilayah Kota Denpasar akan memiliki digitalisasi asset management dan facility management. Serta diharapkan mampu melaksanakan efisiensi energi hingga 35 persen,” ucap Wijaya Kusuma. @ mis

Komentar