nusabali

Pengawas LPD Tulikup Kelod Harapkan Krama Percaya Pengurus Baru

  • www.nusabali.com-pengawas-lpd-tulikup-kelod-harapkan-krama-percaya-pengurus-baru

GIANYAR, NusaBali - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tulikup Kelod, Desa Tulikup, Kecamatan/Kabupaten Gianyar berhasil mengatasi masa-masa sulit dan berharap krama tetap berikan kepercayaan kepada pengurus LPD yang baru.

Harapan ini disampaikan Ketua Tim Penelusuran Aset LPD Tulikup Kelod yang juga Anggota Badan Pengawas LPD, I Dewa Alit Tanggaan, Kamis (4/4). Menurut Dewa Alit Tanggaan, sejak April 2022, segala aset LPD telah berhasil diaudit dan dilaporkan kepada bendesa adat. 

Penelusuran aset mengindikasikan masa-masa sulit yang dialami LPD telah tertangani dengan baik. Program-program yang telah dijalankan mulai menunjukkan hasil positif, termasuk penyaluran santunan ngaben massal sebesar Rp 6 juta berhasil diwujudkan. 

Menurut Dewa Alit, kondisi LPD Desa Adat Tulikup Kelod sudah mulai kondusif dan krama adat mulai menunjukkan kepercayaan kepada pengelola LPD yang baru meskipun masih status pelaksana tugas (Plt). 

Masyarakat juga sudah diizinkan melakukan penarikan dana dengan konfirmasi terlebih dahulu. Kebutuhan mendesak dan kecil-kecil masih bisa langsung ditangani.

Meskipun LPD masih fokus pada pengembalian dana masyarakat dan belum mampu menyalurkan kredit, Dewa Alit berharap dalam enam bulan ke depan akan mampu melakukannya. Dia juga mohon kerja sama bendesa adat agar mengedukasi masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada pengelola baru mengelola dana yang telah berhasil dikumpulkan dari kredit macet. 

LPD juga memberikan solusi kepada masyarakat peminjam, seperti potongan keringanan bunga bagi yang melunasi pinjamannya atau restrukturisasi kredit bagi yang masih memiliki niat baik melanjutkan kreditnya.

Pengurus LPD juga mengajak masyarakat peminjam memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh Tim Penelusuran Aset yakni win-win solution seperti potongan bunga dan restrukturisasi kredit. Pengurus LPD meminta dukungan tokoh masyarakat, khususnya nasabah yang kreditnya macet untuk menjadi contoh positif bagi masyarakat dalam mendukung perbaikan kondisi LPD Desa Adat Tulikup Kelod. 7 nvi

Komentar