nusabali

Pelni Denpasar Kerahkan 2 Kapal Layani Angkutan Lebaran 2024

  • www.nusabali.com-pelni-denpasar-kerahkan-2-kapal-layani-angkutan-lebaran-2024

DENPASAR, NusaBali.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni Cabang Denpasar mengerahkan dua kapal motor (KM) untuk melayani Angkutan Lebaran 2024 dari Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali.

“Dua kapal yang kami kerahkan yaitu KM Tilongkabila dan KM Awu,” kata Kepala Pelni Denpasar Arfah Yusuf, Senin (1/4/2024).

Dua kapal tersebut merupakan bagian dari empat armada kapal yang dimiliki Pelni Denpasar, yaitu KM Tilongkabila, Awu, Leuser, dan Binaiya, dengan masing-masing kapasitas sekitar 1.000 orang penumpang.

KM Leuser dan Binaiya diperbantukan untuk melayani Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Jawa dan Kalimantan, mengingat arus mudik dan balik Lebaran di Pelabuhan Benoa tidak sepadat daerah lainnya di Indonesia.

Berikut adalah rute yang dilayani:

KM Awu: Benoa-Bima-Waingapu-Ende-Kupang-Kalabahi (PP)
KM Tilongkabila: Benoa-Lembar-Bima-Labuan Bajo-Makassar-Bau Bau-Raha-Kendari-Luwuk-Gorontalo-Bitung

Arus Mudik dan Balik

Berdasarkan jadwal kapal penumpang Pelni Cabang Denpasar untuk periode Angkutan Lebaran 2024, diperkirakan arus mudik akan terjadi pada Selasa (9/4) dan arus balik pada Rabu (24/4).

Pada tanggal 9 April, KM Tilongkabila akan berangkat pada pukul 08.00 WITA dan KM Awu pada pukul 22.00 WITA.

Sedangkan pada tanggal 24 April, KM Awu dijadwalkan tiba dari Surabaya pada pukul 07.00 WITA dan KM Tilongkabila dari Lembar, NTB pada pukul 12.00 WITA.

Pembelian Tiket

Arfah mengimbau para calon penumpang untuk membeli tiket melalui aplikasi Pelni Mobile yang lebih efisien dan mudah.

Pembelian tiket juga bisa dilakukan di Kantor Cabang Pelni Denpasar di Jalan Raya Kuta, Kabupaten Badung. Petugas di kantor cabang akan membantu calon penumpang untuk membeli tiket melalui aplikasi daring tersebut.

Uji Kelayakan Kapal

Seluruh kapal motor Pelni yang rutin beroperasi di Pelabuhan Benoa telah menjalani uji kelayakan, salah satunya KM Tilongkabila yang diuji pada tanggal 10 Maret 2024. *ant

Komentar