nusabali

Baru Dibuka, Kuota Mudik Gratis Polresta Denpasar Langsung Ludes

  • www.nusabali.com-baru-dibuka-kuota-mudik-gratis-polresta-denpasar-langsung-ludes

DENPASAR, NusaBali - Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Polresta Denpasar diserbu ratusan pemudik. Kuota empat bus yang disediakan terisi penuh begitu pendaftaran dibuka pada Selasa (26/3).

Antusiasme masyarakat ini tak pelak membuat Polresta Denpasar membuka kembali pendaftaran mudik gratis pada hari kedua, Rabu (27/3/2024) dengan menggunakan lima bus dari Polda Bali. Kuota itu pun langsung ludes kendati masa pendaftaran awalnya dibuka hingga 2 April mendatang.

"Total keseluruhan sudah ada 400 orang yang mendaftar," kata Kasubnit SIM Polresta Denpasar, Iptu Untung Laksono, saat ditemui di lokasi pendaftaran, Rabu (27/3).

Tingginya minat masyarakat terhadap program ini menunjukkan bahwa mudik gratis masih menjadi pilihan utama bagi para perantau yang ingin pulang kampung halaman di momen Hari Raya.

Pendaftaran mudik gratis ini cukup mudah. Calon penumpang hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP dan nomor kontak (WhatsApp) kepada petugas. “Pada saat hendak berangkat, juga akan dibuat registrasi ulang untuk mengetahui jumlah pasti penumpang. Mungkin ada pembatalan dari calon penumpang sebelumnya,” kata Iptu Untung Laksono.

Pihak penyelenggara mengimbau kepada para penumpang untuk tidak membawa barang bawaan berlebihan dan menjaga tata krama selama perjalanan, seperti larangan merokok atau nge-vape di dalam bus.

Program mudik gratis ini merupakan program tahunan dari Polresta Denpasar yang bertujuan membantu masyarakat memperoleh layanan transportasi umum untuk mudik. "Ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat sekaligus menekan kepadatan kendaraan pemudik di sejumlah titik keberangkatan," kata Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi.

Program ini juga diharapkan dapat meminimalisir angka kecelakaan pemudik dan mendorong mereka untuk menggunakan transportasi umum yang lebih aman dan nyaman. Mudik gratis ini melayani jurusan Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, dan Surabaya (Bungurasih). Jadwal keberangkatan dijadwalkan pada tanggal 5 April 2024 di Terminal Ubung Denpasar.

Program mudik gratis Polresta Denpasar mendapat respon positif dari masyarakat. Antusiasme yang tinggi menunjukkan bahwa program ini masih sangat dibutuhkan oleh para perantau.

Diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan kualitasnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu untuk mudik dengan aman dan nyaman.  7 ol4

Komentar