nusabali

Vietnam Pecat Troussier Usai Dibantai Indonesia

  • www.nusabali.com-vietnam-pecat-troussier-usai-dibantai-indonesia

HANOI, NusaBali.com - Hanya beberapa saat setelah dibantai Timnas Indonesia dengan skor 3-0 di kandang sendiri, Federasi Sepakbola Vietnam (LDBDVN) resmi mengumumkan perpisahan dengan pelatih Philippe Troussier.

Kekalahan telak dari Indonesia di Stadion My Dinh Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam, menjadi puncak kekecewaan LDBDVN terhadap performa Vietnam di bawah asuhan Troussier. Dalam 14 pertandingan bersama Troussier, Vietnam hanya meraih 4 kemenangan dan menelan 10 kekalahan, termasuk 3 kekalahan beruntun dari Indonesia. 

Sebagaimana diketahui dalam laga di Piala Asia, Vietnam dikalahkan Indonesia 1-0 lewat gol Asnawi Mangkualam. Lalu dalam perjumpaan Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pekan lalu, Vietnam kembali kalah 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri.

Troussier sendiri sebenarnya baru menangani Vietnam sejak Maret 2023, menggantikan Park Hang-seo yang telah mengantarkan Vietnam meraih berbagai prestasi. Namun, Troussier gagal membawa Vietnam kembali ke jalur kesuksesan.

"LDBDVN dan pelatih kepala timnas Vietnam Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," tulis pernyataan resmi VFF.

Troussier sendiri mengucapkan terima kasih atas kesempatan melatih Vietnam dan meminta maaf karena tidak mampu mencapai ekspektasi.

LDBDVN pun meminta maaf kepada para penggemar atas performa timnas yang belum memuaskan dan berharap terus mendapatkan dukungan untuk sepak bola Vietnam di masa depan.

Pemecatan Troussier menandakan kegagalan Vietnam dalam transisi setelah era Park Hang-seo. Kini, LDBDVN harus segera mencari pelatih baru untuk membawa Vietnam kembali ke jalur prestasi.
 

Komentar