nusabali

Gagal di Portugal, Bagnaia Langsung Tatap MotoGP Amerika

Marc Marquez Anggap Crash Balapan, Jorge Martin Ambil Alih Klasemen

  • www.nusabali.com-gagal-di-portugal-bagnaia-langsung-tatap-motogp-amerika

PORTIMAO, NusaBali - Usai hasil tak memuaskan di MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Sabtu-Minggu (23-24/3), juara bertahan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menatap balapan seri selanjutnya, di MotoGP Amerika, di Sirkuit Amerika, AS, pada 12-14 April. Ya, dalam sesi Sprint Race dan balapan utama, di Sirkuit Algarve, Pecco seperti membalap di hari tidak keberuntungannya.

Di sesi sprint, Pecco yang semula memimpin balapan dengan tenang, tiba-tiba kehilangan kendali motornya dan melebar sehingga menyelesaikan sprint di posisi keempat.

Untuk sesi race, Pecco yang kesulitan meramaikan barisan depan pembalap, mendapati nasib buruknya ketika dia tak dapat menyelesaikan balapan setelah terlibat insiden jatuh dengan Marc Marquez di sisa tiga lap.

“Kami tidak dalam kondisi terbaik dan jelas kami tidak dapat menemukan solusi yang tepat, meskipun perasaannya sangat baik,” kata Pecco, di laman resmi Ducati Corse, Senin (25/3).

“Itu sangat disayangkan, kami sekarang akan fokus pada balapan berikutnya karena setelah pemanasan saya merasa memiliki potensi untuk bertarung di depan, tetapi kami tidak dapat memanfaatkannya,” kata Pecco.

Hanya finis di posisi keempat pada sesi sprint membuat pembalap asal Italia itu hanya mendapatkan enam poin di MotoGP Portugal dan membuatnya kehilangan tahta klasemen senentara dengan turun ke posisi keempat dengan 37 poin.

Pecco terpaut 23 poin dari rivalnya Jorge Martin yang ada di puncak klasemen setelah pembalap Prima Pramac Racing itu memenangi sesi race pada Minggu. Seri ketiga MotoGP musim ini akan dimainkan di Amerika Serikat tepatnya Sirkuit Amerika, pada 12-14 April mendatang.

Lebih jauh Bagnaia memaklumi insiden tabrakannya dengan Marc Marquez. Pecco mengambil sikap sepeti itu karena dia merasa insidennya dengan Marquez adalah hal normal terjadi di lintasan balap. Dia pun ingin segera melupakan kejadian itu meskipun tak menampik dirinya marah karena gagal mendapatkan poin di sesi race Portugal.

Saat itu, Bagnaia terjatuh dengan Marquez saat berebut posisi kelima. Hal itu bermula ketika Marquez yang ada di posisi keenam menyalipnya di tikungan.

Sedangkan rider Gresini Racing Marc Marquez mengungkapkan dirinya yang berhasil menyalip Bagnaia di tikungan dengan masuk dari sisi dalam. Marquez berusaha menutup jalur yang ingin dimanfaatkan itu, sedangkan Bagnaia terus berusaha masuk sehingga keduanya bersenggolan dan akhirnya sama-sama tergelincir.

“Pecco berusaha mempertahankan posisinya, mungkin dengan sedikit optimisme. Hasilnya tetaplah hasil yang tidak diharapkan oleh siapa pun,” kata Marquez, Senin.

Insiden tabrakan tersebut sempat diinvestigasi oleh pihak MotoGP. Namun, setelah selesai penyelidikan, pihak MotoGP memutuskan kejadian itu sebagai insiden balap sehingga tak ada tindakan lebih lanjut yang diambil.

Marquez sendiri mengaku cukup puas dengan pencapaiannya di MotoGP Portugal yang meraih runner-up di sesi sprint, Sabtu (23/3). 

Sedangkan rider Prima Pramac Racing, Jorge Martin tak menemukan kendala berarti dan merebut gelar MotoGP Portugal 2024. Pembalap Spanyol itu menjadi yang tercepat melewati bendera garis finis yang dikibarkan pelatih sepakbola asal Portugal, Jose Mourinho. 

Di posisi kedua pembalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini mengunci podium dengan selisih usai Maverick Vinales, kehilangan kendali di lap terakhir. Sedangkan di posisi podium ketiga ditempati pembalap Red Bull GASGAS Pedro Acosta. ant


Hasil 10 Besar MotoGP Portugal:
1. Jorge Martin, 41 menit 18,138 detik
2. Enea Bastianini, + 0,882 detik
3. Pedro Acosta, +5,632 detik
4. Brad Binder +11,129 detik
5. Jack Miller +16,437 detik
6. Marco Bezzecchi +19,403 detik
7. Fabio Quartararo +20,130 detik
8. Aleix Espargaro +21,549 detik
9. Miguel Olibeira +23,929 detik
10. Fabio Di Giannantonio +28,195 detik

Klasemen 10 Besar Pembalap 
1. Jorge Martin - Ducati - 60
2. Brad Binder - KTM - 42
3. Enea Bastianini - Ducati - 39
4. Pecco Bagnaia - Ducati - 37
5. Pedro Acosta - - KTM - 28
6. Marc Marquez - Ducati - 27
7. Aleix Espargaro -Aprilia - 25
8. Maverick Vinales - Aprilia - 19
9. Jack Miller - KTM - 16
10. Fabio Quartararo - Yamaha - 15

Komentar