nusabali

Demi Bali Marine Tourism Hub, Pertamina Geser Fasilitas BBM di Benoa

  • www.nusabali.com-demi-bali-marine-tourism-hub-pertamina-geser-fasilitas-bbm-di-benoa

SURABAYA, NusaBali.com - PT Pertamina Patra Niaga, anak usaha PT Pertamina (Persero), akan merelokasi fasilitas penerimaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Benoa Selatan ke Benoa Utara. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), Bali Maritime Tourism Hub (BMTH).

Pengembangan BMTH memerlukan perubahan area terminal curah cair yang selama ini digunakan Pertamina Patra Niaga untuk BBM, Avtur, dan Aspal. Area tersebut akan diubah menjadi area penunjang pariwisata.

Pertamina dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Surabaya, Jumat (22/3/2024), untuk memuluskan rencana ini. PKS tersebut mencakup pemanfaatan dermaga Pelindo untuk tambatan Kapal Pertamina, pembangunan fasilitas penerimaan BBM dan Avtur, serta penyediaan Layanan Kepelabuhanan oleh Pelindo kepada Pertamina.

"Pertamina sangat mendukung sinergi BUMN ini sekaligus menjadi wujud dari pemenuhan aspek Good Corporate Governance," ujar Direktur Rekayasa & Infrastruktur Darat (RID) PT Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi (Edo).

Proses relokasi ini ditargetkan selesai dalam waktu 4 tahun 11 bulan. Selama proses berlangsung, Pertamina memastikan tidak akan ada gangguan stok BBM untuk Bali.

"Bali ditopang terminal BBM Manggis dan Sanggaran yang menjadi terminal besar pendukung stok Indonesia Timur. Selain itu, stok Avtur tetap dipastikan aman dengan adanya DPPU Ngurah Rai sebagai back bone supply Avtur di Bali," jelas Edo.

Sementara itu Executive Director 3 Pelindo Ali Sodikin mengatakan bahwa momen ini bisa menjadi titik awal baru dari sinergi yang sudah terjalin. "Ini merupakan momentum yang kita tunggu-tunggu. Kami yakin Manajemen PT Pelindo dan PT Pertamina Patra Niaga telah berupaya maksimal untuk mewujudkan kerja sama ini. Mudah-mudahan perjanjian ini bisa melanjutkan sinergi yang telah berjalan dengan luar biasa," ujar Ali.

Dengan adanya kerjasama sinergi antara PT Pelindo dan PT Pertamina Patra Niaga ini diharapkan dapat memberikan hasil yang saling menguntungkan bagi semua pihak serta mendukung potensi pariwisata di Pulau Bali.

Komentar