nusabali

Jimbaran Kini Loloskan Wakil ke DPRD Badung

Setelah Kosong Selama Tiga Kali Pemilu

  • www.nusabali.com-jimbaran-kini-loloskan-wakil-ke-dprd-badung

MANGUPURA, NusaBali - Setelah vakum selama tiga kali Pemilu, masyarakat Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung akhirnya di Pemilu 2024 bisa meloloskan wakilnya ke DPRD Badung untuk periode 2024-2029.

Caleg asal Kelurahan Jimbaran ini, yakni Dr I Made Sudira SH MH, dipastikan sukses kunci kursi DPRD Badung dari daerah pemilihan (Dapil) Kuta Selatan. Berdasarkan pleno perhitungan suara KPU Badung, Sudira yang merupakan caleg pendatang baru (new comer) ini berhasil bukukan 5.495 suara.

Dari Dapil Badung 4 (Kuta Selatan), selain Sudira sebanyak 9 caleg lainnya juga dipastikan lolos ke DPRD Badung. Mereka, yakni I Wayan Loka Astika (PDIP, 7.014 suara), I Wayan Sugita Putra (PDIP, 6.802 suara), I Made Sumerta (PDIP, 3.780 suara), I Wayan Luwir Wiana (PDIP, 5.799 suara), I Wayan Sukses (Golkar, 4.801 suara) new comer, I Nyoman Karyana (Golkar, 4.454 suara), I Made Tomy Martana Putra (Golkar, 3.525 suara) new comer, I Made Wijaya (Gerindra, 3.060 suara), dan I Made Retha (Demokrat, 2.498 suara).

Saat dihubungi, Selasa (19/3) Made Sudira mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan dan kerja keras bersama masyarakat, relawan, dan partai yang telah membuahkan hasil. Kemenangan ini diraih setelah absennya representasi politik selama tiga periode Pemilu di Jimbaran.

“Kemenangan ini adalah kemenangan bagi masyarakat Jimbaran. Tidak mudah, mengingat selama tiga periode terakhir, kita tidak memiliki wakil di DPRD Badung. Namun, dengan pendekatan langsung ke masyarakat selama hampir empat tahun, kita berhasil membangun kepercayaan dan meyakinkan mereka tentang pentingnya memiliki perwakilan di legislatif,” ujar Sudira.

Sudira yang memiliki latar belakang sebagai akademisi, praktisi hukum, dan pengusaha di bidang pariwisata ini mengakui bahwa tantangan yang dihadapi Jimbaran cukup berat, terutama terkait dengan masih kurangnya infrastruktur dan fasilitas publik seperti jalan, gorong-gorong, dan penerangan. Namun, dengan terpilihnya dia, diharapkan banyak usulan dan program pembangunan dapat direalisasikan.

“Dengan tidak adanya perwakilan selama tiga periode, banyak hal yang perlu kita lakukan terutama tentang keterbelakangan soal fasilitas umum terutama pembangunan. Ini termasuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik, serta edukasi dan penyadaran generasi muda tentang pentingnya bersatu membangun desa untuk kemajuan yang lebih baik,” jelas pria kelahiran Jimbaran, 18 Mei 1968 ini.

Sudira juga menekankan pentingnya pariwisata untuk Jimbaran, terutama dalam mengatasi kemacetan dan mengembangkan daya tarik baru yang dapat menunjang ekonomi lokal. Dia berencana untuk melakukan koordinasi dan kolaborasi erat dengan desa adat dan pihak swasta, termasuk hotel dan restoran untuk membangun Jimbaran menjadi kawasan yang aman, nyaman, dan lestari. Menyadari besarnya tanggung jawab yang diemban, Sudira mengaku siap mengoptimalkan usulan pembangunan dan inisiatif yang telah dia kawal selama ini.

“Saya optimis aspirasi masyarakat bisa terwujud nantinya. Karena konsep hidup saya adalah berjuang, segala sesuatu harus kita perjuangkan karena perjuangan itu terukur. Apalagi Jimbaran wilayahnya luas, penduduknya banyak, ini menjadi tanggung jawab saya sebagai wakil Jimbaran agar betul-betul mengoptimalkan usulan tersebut,” pungkasnya.

Sementara Tokoh masyarakat Jimbaran, I Ketut Sudiarsa juga mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi atas pencapaian ini. “Kami merasa bersyukur dan sangat bangga. Setelah selama tiga periode Pemilu kami tidak bisa menempatkan wakil di DPRD Badung, akhirnya pada Pemilu 2024 ini, berkat kerja keras dan dukungan penuh dari masyarakat Jimbaran, kami berhasil mengantarkan kader terbaik PDIP Dr I Made Sudira, ke kursi legislatif,” ujar pria yang akrab disapa Tut Bloh ini.

Dia mengakui, jika Made Sudira dikenal luas sebagai sosok yang merakyat dan memiliki kualifikasi yang mumpuni baik dari segi intelektual maupun pengalaman praktis. Sehingga dengan terpilihnya Sudira diharapkan dapat membawa angin segar dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Jimbaran. “Sudira sosok yang baik, merakyat, dan yang paling penting adalah beliau sudah matang, baik dari segi intelektual maupun material. Kami berharap nanti melalui beliau bisa memperjuangkan pembangunan di Jimbaran secara umum dan memfasilitasi kepentingan masyarakat secara khusus di Jimbaran,” harapnya. 7 ol3

Komentar