nusabali

193 Juta Orang Diprediksi Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan Strategi Antisipasi!

  • www.nusabali.com-193-juta-orang-diprediksi-mudik-lebaran-2024-kemenhub-siapkan-strategi-antisipasi

JAKARTA, NusaBali.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada lonjakan signifikan pemudik pada Lebaran 2024. Diperkirakan, 193 juta orang atau 71,7 persen dari total penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik tahun ini. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 123 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tren peningkatan mudik ini terlihat dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT). "Dari Jabodetabek saja, diprediksi 28,4 juta orang akan mudik, naik dari 14,6 juta orang pada tahun 2023," ungkap Budi dalam jumpa pers virtual, Minggu (17/3/2024).

Menhub Budi menegaskan, Kemenhub telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik ini. Kolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait diintensifkan untuk memastikan kelancaran dan keamanan mudik Lebaran 2024.

Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Kemenhub:
  • Pengaturan operasional dan regulasi lalu lintas: Kemenhub akan mengatur operasional moda transportasi dan membuat regulasi untuk mengendalikan pengaturan lalu lintas.
  • Pembatasan angkutan barang: Kemenhub akan memberlakukan pembatasan operasional angkutan barang melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik.
  • Ramp check: Kemenhub akan melakukan inspeksi keselamatan melalui kegiatan ramp check pada transportasi darat, laut, udara, dan kereta api.
  • Sosialisasi kebijakan: Kemenhub akan gencar melakukan sosialisasi kebijakan mudik Lebaran 2024 untuk meningkatkan kedisiplinan calon pemudik.
Kemenhub optimistis dengan persiapan yang matang, mudik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pemudik.

Komentar