nusabali

Mantan Perbekel Dongkrak Kursi PDIP

  • www.nusabali.com-mantan-perbekel-dongkrak-kursi-pdip

SINGARAJA, NusaBali - Jurus PDI Perjuangan (PDIP) mencalonkan mantan perbekel di Pemilu 2024 cukup moncer. Salah satunya caleg (calon legislatif) new comer dari PDIP Dewa Komang Yudi Astara yang ditarungkan di Dapil IV, Kecamatan Buleleng berhasil mendongkrak perolehan kursi DPRD Buleleng partai berlambang Si Moncong Putih tersebut. Dewa Yudi yang mantan Perbekel Desa Tembok lolos ke DPRD Buleleng dengan suara signifikan.

Informasi yang dihimpun NusaBali, Senin (26/2) dari total 57.656 orang warga Tejakula yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang menggunakan hak pilih sebanyak 39.934 orang. Jumlah tersebut setara dengan 69,20 persen. Ada 4 kursi DPRD Buleleng diperebutkan di dapil kecamatan paling timur di Kabupaten Buleleng ini.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tejakula yang sudah tuntas Sabtu (24/2), dipastikan PDIP menyabet 2 kursi, Partai Golkar kebagian 1 kursi dan sisanya 1 kursi lagi direbut Partai NasDem. 

PDIP meloloskan 2 orang caleg yakni I Gede Supriatna dengan perolehan 9.000 suara. Supriatna yang juga Ketua DPRD Buleleng ini dikuntit Dewa Yudi dengan perolehan 5.129 suara. Lalu kursi ketiga direbut oleh caleg incumbent Partai Golkar, Ketut Dody Tisna Adi dengan perolehan 4.863 suara. Sebaliknya, kursi keempat juga direbut caleg incumbent Made Putri Nareni dari Partai NasDem dengan perolehan 3.520 suara.

Supriatna yang juga Sekretaris DPC PDIP Buleleng dihubungi Senin (26/2) kemarin mengatakan, perolehan 2 kursi di dapil 4 Tejakula memang sesuai dengan target yang dipasang. Menurutnya perolehan dua kursi di dapil Tejakula ini bukti seluruh kader yang dipasang bekerja dengan maksimal.

“Astungkara tercapai sesuai target. Suara partai kami di Tejakula mencapai 19 ribu lebih. Naik jauh dari Pemilu 2019 lalu yang hanya 10 ribu,” terang Supriatna.

Hasil Pemilu 2024 di Dapil Tejakula juga terjadi kejutan. Dari 4 incumbent yang ikut bertarung, satu diantaranya gagal lolos ke DPRD Buleleng. Caleg incumbent tersebut Ketut Wirsana dari Partai Hanura. Dia didepak pendatang baru Dewa Yudi Astara.

Sebagai caleg pendatang baru, Dewa Yudi mengamankan suaranya di desa kelahirannya. Dia berhasil mempertahankan kepercayaan warga dan mengumpulkan suara paling banyak di Desa Tembok yakni sebanyak 3.926 suara. Sisanya, Dewa Yudi mendulang di 9 desa lain di wilayah Kecamatan Tejakula. Seperti di Desa Sembiran sebanyak 483, Desa Penuktukan 268 suara, Desa Tejakula 189 suara. Sedangkan di 6 desa lainnya suara yang diperoleh rata-rata dua digit.

Keberhasilan Dewa Yudi dalam pertarungan Pemilu 2024 ini pun sudah diprediksi sebelumnya. Dia salah satu caleg kuat yang dipasang PDIP. Sebab Dewa Yudi memiliki basis dukungan signifikan karena pernah menjadi perbekel. Dewa Yudi saat menjabat dikenal sebagai salah satu perbekel inovatif di Kabupaten Buleleng, dengan sejumlah ide kreatif memajukan daerah yang dipimpinnya.k23

Komentar