nusabali

Kadek Diana ‘Intip’ Peluang Lolos

PDIP ‘Sapu Bersih’ Kursi DPRD Bali Dapil Gianyar

  • www.nusabali.com-kadek-diana-intip-peluang-lolos

Perolehan suara tertinggi dikantongi Putu Diah Pradnya Maharani raih 133.567 suara sekaligus pecahkan rekor perolehan suara terbanyak sebelum-sebelumnya

GIANYAR, NusaBali
Enam kuota kursi DPRD Provinsi Bali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Gianyar diyakini akan disapu bersih caleg dari PDI Perjuangan (PDIP). Caleg pendatang baru (new comer), Ni Putu Diah Pradnya Maharani yang notabene putri Ketua DPC PDIP Gianyar dan Bupati Gianyar periode 2018-2023 I Made Mahayastra dipastikan lolos DPRD Bali dengan perolehan suara terbanyak. New comer lainnya

I Wayan Tagel Winarta yang Ketua DPRD Gianyar saat ini juga dipastikan lolos. Sementara 4 kursi lainnya diprediksi diraih caleg incumbent Made Rai Warsa, Ni Luh Yuniati, Made Budastra dan Anak Agung Wira Mantara.

Terkait prediksi kursi DPRD Bali disapu bersih PDIP, Caleg DPRD Bali Dapil Gianyar dari Gerindra, Kadek Diana mengaku masih mengintip pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan terkaitnya nasibnya pencalonannya ke DPRD Bali. Untuk pleno Kecamatan Sukawati berlangsung, Minggu (25/2).

Kadek Diana ditemui di sela rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat Kecamatan Sukawati di kampus AKN sebelah selatan Lapangan Sutasoma, Banjar Peninjoan, Desa Batuan, Minggu kemarin mengatakan belum berani memastikan dirinya lolos atau tidak sebagai anggota DPRD Bali. Caleg asal Banjar Kejadian, Desa Sukawati, Gianyar ini mengaku masih menunggu seluruh pleno tingkat kecamatan selesai. "Tidak mau komentar dulu, biar nanti data yang bertarung," ujar peraih 91.243 suara di Pileg 2019 lalu saat maju sebagai Caleg dari PDIP. Namun karena tersandung kasus, Kadek Diana akhirnya dipecat dan di-PAW (pergantian antar waktu) oleh partainya, yakni PDIP.

Pasca dipecat PDIP dan di-PAW, Kadek Diana memutuskan untuk bergabung dengan Partai Gerindra dan maju sebagai Caleg DPRD Bali dari Dapil Gianyar. Walaupun sebelumnya merupakan caleg pendulang suara terbanyak saat maju dari PDIP di Pemilu 2019, namun di Pemilu 2024 ini ketika maju dari Partai Gerindra, Kadek Diana belum mendapatkan kepastian apakah dirinya lolos atau tidak ke DPRD Bali.  

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra telah mengerahkan tim khusus menghimpun perolehan suara di setiap TPS. PDI Perjuangan diyakini sapu bersih kuota 6 kursi DPRD Bali. Perolehan suara tertinggi dikantongi oleh putri sulungnya Putu Diah Pradnya Maharani alias Gek Diah sekitar 133.400 suara. Perolehan suara ini pula memecahkan rekor perolehan suara terbanyak Pileg sebelum-sebelumnya.

Namun demikian, dirinya tetap akan menunggu kepastian secara resmi sesuai rekapitulasi perolehan suara KPU. "Dari perhitungan sementara 6 kursi kuota Dapil Gianyar untuk DPRD Bali diyakini akan bisa diborong habis PDIP. Suara terbanyaknya Gek Diah," ungkapnya.

Setelah Gek Diah, perolehan suara new comer Wayan Tagel Winarta juga memuaskan. Ketua DPRD Gianyar ini mengantongi sekitar 50.220 suara. Dengan hasil itu, Tagel politisi asal Banjar Mancawarna, Desa Sanding, Tampaksiring ini, diprediksi menempati suara terbanyak kedua Dapil Gianyar. Atas perolehan suara sementara tersebut, Tagel mengucapkan terimakasih. "Kami ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang mendukung, kami berterima kasih kepada masyarakat Gianyar," ujar Tagel Winarta.

Sementara Caleg PDIP lainnya yang diprediksi lolos DPRD Bali, yakni I Made Budastra dengan 13.637 suara, Ni Luh Yuniati raih 16.654 suara, I Made Rai Warsa meraih 19.191 suara, serta Anak Agung Gede Agung Wira Mantara dengan memperoleh 10.849 suara.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar, I Wayan Mira saat dikonfirmasi mengatakan rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 di 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar telah selesai pada, Minggu (25/2) sore. "Rekap di kecamatan hari ini (kemarin) di seluruh kecamatan sudah selesai," jelasnya. Pasca pleno di kecamatan, PPK masih terfokus untuk distribusi logistik ke gudang. Namun terkait prediksi maupun hasil perolehan suara, pihaknya mengatakan ada tahapan selanjutnya hingga proses penetapan. "Hasilnya belum kita ketahui karena semua berproses di rekap. Rekap KPU mulai tanggal 2 Maret," jelasnya. 7 nvi

Komentar