nusabali

Pasca Padamkan Kebakaran, Petugas Damkar Cek Kesehatan

  • www.nusabali.com-pasca-padamkan-kebakaran-petugas-damkar-cek-kesehatan

SEMARAPURA, NusaBali - Anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Sat Pol PP dan Damkar Klungkung, Kamis (22/2). Pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan kondisi petugas setelah memadamkan kebakaran TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung sejak Minggu (18/2). Sebanyak 32 anggota Damkar yang mengikuti tes kesehatan, seluruhnya dinyatakan sehat.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suwarbawa, mengatakan cek kesehatan untuk memastikan dan mengetahui kondisi kesehatan anggota pasca bertugas padamkan kebakaran di TPA Sente. Saat bertugas mereka menghadapi asap pekat. Asap membuat mata perih dan aromanya menyengat hidung. “Hingga saat ini anggota saya belum ada yang mengeluh sakit, selaku pimpinan saya harus mengetahui kondisi mereka. Jika ada yang sakit, saya minta yang bersangkutan istirahat,” ujar Dewa Suwarbawa.

Kadis Kesehatan Klungkung I Gusti Ayu Ratna Dwijawati mengatakan ada permintaan dari Sat Pol PP dan Damkar Klungkung melakukan cek kesehatan bagi pada anggota Damkar. Sebab asap bisa membuat sesak karena mengganggu pernapasan. Dari 32 anggota Damkar yang menjalani pemeriksaan kesehatan, seluruhnya sehat. Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada, mengatakan titik api pertama muncul di sisi barat dan selatan, kepulan asap dari TPA Sente sangat pekat. “Kami masih berusaha memadamkan api,” ujar Widiada.

Widiada belum mengetahui penyebab pasti kebakaran TPA Sente, tiba-tiba muncul titik api sejak Minggu malam. Hingga saat ini kepulan asap masih pekat, bahkan asap menutupi jalan seperti kabut. Sangat mengganggu pengguna jalan dan asap membuat mata perih. “Kami sampai minta obat tetes mata kepada Dinas Kesehatan,” ujar Widiada. 7 wan

Komentar