nusabali

Golkar ‘Rebut’ 11 Kursi, Gerindra 4, Demokrat 3

PDIP Yakin Pertahankan 28 Kursi di DPRD Badung

  • www.nusabali.com-golkar-rebut-11-kursi-gerindra-4-demokrat-3

MANGUPURA, NusaBali - Partai Golkar mengklaim dapat tambahan satu kursi lagi untuk DPRD Badung periode 2024-2029. Satu tambahan kursi didapat dari Dapil Abiansemal yang diraih oleh caleg pendatang baru (new comer), Wayan Joni Pergawa. Sehingga total Golkar memenangkan 11 kursi dari 45 kursi DPRD Badung yang diperebutkan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini.

Tambahan raihan satu kursi ini dibenarkan oleh Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Suyasa. Menurutnya, tambahan satu kursi ini lantaran perolehan suaranya yang melebihi dari PDIP. “Tanpa bermaksud mendahului pleno KPU Badung, kami melebihi suara terakhir dari PDI perjuangan sehingga kursi kami bisa dua di Dapil Abiansemal, dengan perhitungan sistem sainte lague terakhir ada pada Golkar karena sisa suara melebihi dari 3.000,” ungkap Suyasa, Kamis (22/2). Dengan demikian, Golkar Badung hampir mencapai target yang diinginkan, yakni dari target 12 kursi mendapat 11 kursi di DPRD Badung pada Pemilu 2024 ini. Meski sudah pasti tambahan satu kursi di Dapil Abiansemal, Suyasa tetap menghormati proses yang berjalan. Pihaknya tetap menunggu hasil resmi dari KPU Badung. 

“Hasil ini berdasarkan real count dari C1 yang masuk di DPD II Golkar Badung mendekati 100 persen. Kami akan tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU. Tapi kita pastikan dua kursi DPRD Badung ini sudah pasti,” tegas politisi asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi ini. Sementara parpol lain yang juga diprediksi mendapat tambahan kursi DPRD Badung 2024-2029, yakni Partai Gerindra dan Demokrat. Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto ini berhasil merebut 4 kursi dari 2 kursi di periode sebelumnya. 

Bendahara DPC Partai Gerindra Badung, Gede Aryantha mengatakan perolehan sementara ini memang meningkat, namun dirinya mengaku masih belum puas karena targetnya sebanyak 9 kursi. “Di Kuta Selatan kami harapkan ada penambahan kursi ternyata tidak mampu. Ternyata suara dihajar Golkar,” imbuhnya.

Meski demikian, politisi asal Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara ini tetap mensyukuri peningkatan perolehan kursi tersebut. Dengan perolehan 4 kursi ini, Gerindra nantinya bisa membentuk satu fraksi di DPRD Badung. Sebab di periode sebelumnya bergabung di Fraksi Badung Gede (Gerindra-Demokrat). Partai lainnya yang menambah kursi dipastikan dari Partai Demokrat. Dari dua kursi di periode sebelumnya, kini bertambah lagi satu kursi. Sehingga Demokrat mendapat 3 kursi. Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Ketua DPC Demokrat Badung, I Made Sunarta belum memberikan jawaban.

Sebaliknya, PDIP yang mendapat kursi terbanyak di DPRD Badung periode 2019-2024 diprediksi bakal kehilangan satu kursi. Namun Sekretaris DPC PDIP Badung, Putu Parwata optimis bahwa PDIP masih mampu mempertahankan jumlah kursi sebanyak 28 kursi. Pihaknya pun menyarankan untuk menunggu hasil resmi rekapitulasi penghitungan suara dari KPU Badung. “Kami masih menunggu hasil resmi dari KPU. Untuk penambahan atau pengurangan masih belum dari hasil C1. Sekarang ini masih kira-kira, belum hasil resmi. Masih belum (selesai) perhitungan di kecamatan. Kalau sudah di kecamatan akan jelas terlihat, kalau sekarang semua menghitung C1 plano. Sabar dulu, sabar,” jelas Parwata. 7 ind

Komentar