nusabali

Bali Tuan Rumah Kongres Dokter Mata se-Asia Pasifik

  • www.nusabali.com-bali-tuan-rumah-kongres-dokter-mata-se-asia-pasifik

MANGUPURA, NusaBali.com - Indonesia patut berbangga menjadi tuan rumah kongres dokter mata se-Asia Pasifik, The 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress, yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, pada tanggal 22-25 Februari 2024.

Kongres tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan Perghimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PIT Perdami) ke 49.  Kongres APAO ini merupakan kali ke tiga Indonesia menjadi tuan rumah setelah tahun 1976 dan 2009. 

"Kongres APAO ini merupakan ajang profesional dan ilmiah tahunan internasional yang bergengsi di bidang kedokteran mata (oftalmologi)," ungkap Presiden Kongres APAO Bali 2024, Dr Mohamad Sidik SpM(K). 

"Di sini, para dokter mata dari seluruh dunia berkumpul untuk berbagi ilmu dan keterampilan, update penemuan, teknologi, dan perkembangan terbaru di bidang oftalmologi, serta melakukan networking dan berkolaborasi."

Mengangkat tema ‘Beyond All Limits’, Kongres APAO Bali 2024 ini bertujuan untuk mempersiapkan praktisi layanan mata masa kini untuk masa depan yang terus berkembang. Kongres ini menghadirkan sekitar 700 pembicara yang diakui secara internasional di berbagai bidang subspesialisasi mata, dan diikuti oleh lebih dari 6.000 peserta kongres dari sekitar 80 negara.

"Panitia dan seluruh pihak yang terlibat bekerja keras dalam mempersiapkan kongres ini," kata Dr Sidik. "Kami menghadirkan beragam program ilmiah, termasuk simposium, wetlab, dan lomba karya ilmiah, serta program sosial seperti cultural night dan fundrun untuk menggalang dana kemanusiaan."

Ketua Perdami, Prof Dr Budu PhD, menambahkan bahwa dengan menghadirkan perkembangan ilmu pengetahuan terkini di bidang oftalmologi, disertai dengan budaya dan keramahtamahan terbaik Bali, Perdami berkomitmen menjadikan Kongres APAO 2024 Bali sebagai pengalaman yang berkesan bagi semua peserta.

APAO dibentuk tahun 1960 dan saat ini berkembang sebagai platform penting untuk mempromosikan pencegahan kebutaan dan rehabilitasi penglihatan melalui layanan, penelitian, pengajaran dan pendidikan di bidang oftalmologi.

APAO menjadi induk dari berbagai organisasi oftalmologi di kawasan Asia Pasifik, yang populasinya meliputi lebih dari setengah penduduk dunia. Saat ini, APAO terdiri dari 26 negara anggota, 9 organisasi subspesialisasi mata, dan 2 associate member.

Sementara Perdami adalah organisasi profesi dokter spesialis mata yang didirikan pada tahun 1964 dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan mata rakyat Indonesia, mengembangkan Ilmu Kesehatan Mata (oftalmologi) dan kemampuan dokter mata, serta meningkatkan kesejahteraan anggota Perdami.

Perdami berperan penting dalam penanggulangan masalah kebutaan di Indonesia. Saat ini, terdapat sekitar 3.386 anggota Perdami yang tersebar di 25 Perdami Wilayah dan Cabang di seluruh Indonesia.

Kongres APAO 2024 Bali menandakan komitmen Indonesia dalam memajukan bidang oftalmologi dan meningkatkan kualitas kesehatan mata di kawasan Asia Pasifik. Kongres ini diharapkan dapat menghasilkan terobosan baru dalam bidang oftalmologi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Komentar