nusabali

Dua Mantan Tenaga Ahli Bupati Lolos ke Kursi Dewan

  • www.nusabali.com-dua-mantan-tenaga-ahli-bupati-lolos-ke-kursi-dewan

AMLAPURA, NusaBali - Dua mantan tenaga ahli Bupati Karangasem, Sri Winarti dan I Made Ruspita, yang maju sebagai caleg dari PDI Perjuangan, akhirnya memenangkan kursi DPRD Karangasem hasil Pemilu 2024.

Sri Winarti dari Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem I (Kecamatan Karangasem) membukukan 2.838 suara dan Ruspita dari Dapil Karangasem III (Kecamatan Manggis) memperoleh 3.356 suara. “Saya melaksanakan penugasan partai. Bukan berarti senang mengundurkan diri sebagai tenaga tim ahli Bupati Karangasem lalu memenangkan kursi DPRD Karangasem. Murni karena tugas partai,” jelas Ruspita kepada NusaBali di Amlapura, Selasa (20/2).

Ruspita yang juga Bendahara DPC PDIP Karangasem, bersaing dengan caleg di Dapil Karangasem III. Salah satunya denga incumbent I Wayan Sunarta.  Sunarta sendiri membukukan 4.889 suara, sehingga melenggang ke DPRD Karangasem untuk masa bakti 2024-2029.

Di Dapil Karangasem III (Kecamatan Manggis) ada 5 calon. Mereka adalah satu incumbent dari PDIP atas nama, I Wayan Sunarta, I Made Ruspita, dr Nisa Setiati yang meraih 203 suara, I Wayan Suwita Aryana dengan 1.858 suara dan Ni Putu Wijani dengan 375 suara.

Ruspita yang berasal dari Desa Ulakan, meraih dukungan tersebar di 12 desa se-Kecamatan Manggis yakni: Desa Antiga dengan 361, Antiga Kelod dengan 162 suara, Gegelang 149 suara, Manggis 386 suara, Ngis 240 suara, Nyuhtebel 130 suara, Padangbai 72 suara, Pesedahan 16 suara, Selumbung dengan 86 suara, Sengkidu 34 suara, Tenganan  dengan 104 suara dan Ulakan dengan 1.616 suara.

Ruspita merasa bangga dapat kepercayaan masyarakat Kecamatan Manggis. Namun dia harus menanggung beban untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Terutama memperjuangkan pembangunan di bidang infrastruktur jalan, pengadaan air bersih, betonisasi jalan desa, dan bantuan-bantuan sosial lainnya untuk meringankan beban masyarakat di dalam membangun desa.

Ruspita sebenarnya telah berpengalaman jadi caleg mulai dari Pemilu 2014, dan Pemilu 2019. Namun di kedua pemilu ini, Ruspita kurang beruntung. 

“Sekarang waktunya mewakili masyarakat di DPRD Karangasem,” lanjut Ruspita yang berlatar belakang sebagai pengacara itu.

Sementara Sri Winarti yang alumnus FH Universitas Dwijendra Denpasar 2012 sekaligus Wakil Bendahara DPC PDIP Karangasem, berpengalaman juga sebagai caleg, tetapi baru kali ini beruntung memenangkan kursi DPRD Karangasem. Walau bersaing di Dapil Karangasem I bersama 8 caleg lainnya, dan posisinya dijepit tiga incumbent, dia mampu lolos merebut kursi dewan.k16 

Komentar