nusabali

Presiden Jokowi akan Lantik Dua Menteri Hari Ini

AHY Dikabarkan Jadi Menteri ATR/BPN

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-akan-lantik-dua-menteri-hari-ini

JAKARTA, NusaBali - Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kekosongan Menko Polhukam yang sebelumnya ditinggal Mahfud Md. Mahfud mundur dari posisi Menko Polhukam untuk fokus sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) berpasangan dengan Capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang pemungutan suara Pilpres sudah digelar 14 Februari lalu.

Beredar informasi di kalangan wartawan bahwa Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto akan dilantik Presiden sebagai Menko Polhukam definitif, Rabu (21/2) hari ini. Seiring dengan munculnya isu itu, beredar pula kabar bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilantik sebagai Menteri ATR menggantikan Hadi Tjahjanto.

Terkait ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Jakarta, Selasa kemarin meminta masyarakat menunggu hingga perombakan (reshuffle) kabinet dilaksanakan pada Rabu hari ini. "Besok (hari ini) ditunggu saja jam 10.00 (WIB)," kata Presiden Jokowi kepada wartawan. Agenda pelantikan Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional oleh Presiden Jokowi sendiri telah dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana.

Ari menyebut pelantikan akan dilaksanakan pada, Rabu di Istana Merdeka, Jakarta. "Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," ujar Ari Dwipayana dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa. 

Foto: Presiden Jokowi (ketiga kiri) didampingi (kiri ke kanan), Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dan Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun memukul hadroh dalam puncak peringatan HPN 2024, Selasa (20/2). –ANTARA

Adapun selain pelantikan dua menteri, menurut Ari, juga akan ada pengucapan sumpah/janji anggota Komisi Kejaksaan di hadapan Presiden yang juga diselenggarakan di Istana Negara. "Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," kata Ari melalui pesan singkat. 

Terpisah Kepala Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief mengaku belum mendengar kabar ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, bakal dilantik menjadi Menteri ATR/BPN. Meski demikian, Andi Arief menyebut, jika kabar tersebut benar, dia akan mendoakan AHY dapat bekerja dengan baik. 

"Saya belum mendengar. Cuma, kalau kabar itu benar, ya kita doakan saja AHY akan bekerja dengan baik," kata Andi Arief saat dimintai konfirmasi, Selasa kemarin. Andi Arief menyebut AHY merupakan seorang patriot sejati. Menurutnya, AHY akan siap jika negara memintanya mengabdi di pemerintahan.

"Tentu dia sebagai seorang patriot. Kalau negara benar-benar meminta, ya pasti dia siap," kata Andi Arief. Sementara saat dimintai tanggapannya soal isu AHY akan dilantik sebagai Menteri ATR, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Namun demikian, kata Herzaky, jika negara memanggil AHY selalu siap memenuhi panggilan itu. 7 ant

Komentar