nusabali

TPA Sente Terbakar Lagi

  • www.nusabali.com-tpa-sente-terbakar-lagi

SEMARAPURA, NusaBali - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung terbakar lagi, Minggu (18/2) malam. Titik api muncul dari sisi barat dan selatan. Petugas BPBD Klungkung bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) berupaya memadamkan api, Senin (19/2) pagi. Penyemprotan menggunakan air yang ditampung dengan tandon berukuran 5.500 liter. Truk tangki BPBD Klungkung dan BPBD Provinsi Bali suplai air untuk isi tandon.

Petugas kesulitan memadamkan kebakaran karena kian meluas mencapai 30 persen dari luas TPA. Satu unit alat berat dioperasikan untuk meratakan tumpukan sampah. Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada, mengatakan kepulan asap dari TPA Sente sangat pekat. 

“Kami masih berusaha memadamkan api,” ujar Widiada. Dia belum mengetahui penyebab pasti kebakaran TPA Sente. Tiba-tiba muncul titik api sejak Minggu malam. Hingga saat ini kepulan asap masih pekat, bahkan asap menutupi jalan seperti kabut. 

Kepulan asap sangat mengganggu pengguna jalan dan membuat mata perih. “Kami minta obat tetes mata kepada Dinas Kesehatan,” ujar Widiada. Tim akan melanjutkan memadamkan kebakaran TPA Sente pada Selasa (20/2) hari ini. 

Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, Nyoman Sidang, sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyediakan alat berat, membantu suplai air, dan membatu penyiraman air bersama Tim Damkar, BPBD Klungkung, dan BPBD Bali. Sidang juga menugaskan staf melakukan pemantauan kondisi TPA Sente. 7 wan

Komentar