nusabali

Keok di Pilpres, PDIP Badung Berjaya di Pileg

  • www.nusabali.com-keok-di-pilpres-pdip-badung-berjaya-di-pileg

MANGUPURA, NusaBali - Meski digempur dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dengan tumbangnya Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, PDIP Badung masih berjaya di Pemilihan Legislatif (Pileg). Dari perhitungan hasil Pileg 2024, buat sementara PDIP Badung diprediksi masih bisa merebut lebih dari 20 kursi dari 45 kursi DPRD Badung.

Dalam rekap suara yang sedang berjalan, raihan kursi dari PDIP di tiap dapil masih mendominasi di antara partai lainnya. Dari perhitungan sementara, Caleg PDIP diprediksi bisa menduduki 2 hingga 7 kursi di setiap dapil. Di Badung pada Pileg 2024 memiliki 6 dapil.

Dari data yang dihimpun NusaBali, Jumat (16/2) sebagian besar yang diprediksi lolos merupakan petahana (incumbent). Sedangkan beberapa orang lagi berstatus pendatang baru (new comer).

Setidaknya, ada 29 nama yang diprediksi bakal menduduki kursi DPRD Badung dari partai berlambang Banteng Moncong Putih tersebut. Dari informasi yang dihimpun NusaBali, di Dapil Kecamatan Petang yang diprediksi lolos yakni Bima Nata dan I Gusti  Lanang Umbara. Kemudian di Dapil Abiansemal antara lain Putu Yunita Oktarini, Made Ponda Wirawan, Putu Dendy Astra Wijaya, Putu Alit Yandinata, I Gede Budiyoga, I Nyoman Gede Wiradana, I Nyoman Dirga. 


Sementara di Dapil Mengwi, caleg yang diprediksi akan lolos diantaranya I Wayan Regep, I Nyoman Satria, I Made Suwardana, I Wayan Edy Sanjaya, I Made Yudana, Made Rai Wirata, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Ida Bagus Alit Arga Patra. Di Dapil Kuta yang diprediksi lolos yakni I Gusti Anom Gumanti dan Nyoman Graha Wicaksana.

Sedangkan di Dapil Kuta Utara, caleg PDIP yang diprediksi lolos Putu Parwata, Yayuk Agustin lessy, Wayan Sandra, Made Suryananda Pramana. Terakhir, di Dapil Kuta Selatan diprediksi antara lain Wayan Sugita Putra, Wayan Loka Astika, Made Sudira, Wayan Suwija, Wayan Luwir Wiana dan Made Sumerta.  

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung, Putu Parwata mengatakan, PDIP sebagai partai pengusung pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD gembos dalam Pilpres di Gumi Keris, namun dirinya melihat raihan suara untuk parlemen masih besar. 

“Kami kader partai dari PDI Perjuangan Kabupaten Badung tegak  lurus melaksanakan instruksi partai, menggerakkan seluruh komponen masyarakat dalam satu perjuangan. Ini bukti rakyat masih solid. Walaupun Pilpres kalah, tapi rakyat tetap bersama PDI Perjuangan,” ujar Parwata, Jumat (16/2).

Ditanya soal adanya surat DPP PDIP mengenai sanksi terkait caleg yang perolehan suaranya tidak linear dengan perolehan suara Capres- Cawapres nomor urut 3, Parwata menyebut hal itu merupakan kewenangan dari pihak DPP. “Yang penting kader partai tetap tegak lurus memenangkan partai dan sekarang kursi PDI Perjuangan berkat kerja keras bersama bisa naik,” kata politisi asal Desa Dalung Kecamatan Kuta Utara ini.ind

Komentar