nusabali

PSSI Ngotot Pemain Abroad Tampil di Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-pssi-ngotot-pemain-abroad-tampil-di-piala-asia-u-23

JAKARTA, NusaBali - PSSI terus memperjuangkan para pemain abroad bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 berlaga pada Piala Asia U-23 2024 Qatar. Ya, ada enam pemain yang berkarier di luar negeri. Yakni, Pratama Arhan di Korea Selatan, serta Elkan Baggott dan Justin Hubner di Inggris. Selain itu, juga Marselino Ferdinan di Belgia, serta Rafael Struick dan Ivar Jenner di Belanda.

Piala Asia U-23 sendiri akan digelar pada 15 April-3 Mei 2024. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania. Namun Piala Asia U-23 tak masuk kalender FIFA. Jadi, klub, apalagi tim luar negeri, tidak wajib melepas pemainnya ke Timnas U-23.

Sebelum berlaga di Piala Asia U-23, Timnas U-23 juga merencanakan pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) mulai 31 Maret 2024.

"Sedang ada pembicaraan intensif untuk para pemain yang bermain di luar negeri. Sehingga mereka secara keseluruhan yang memang masuk Timnas Indonesia U-23," ujar Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, kepada bola,com, Rabu (14/2).

Untuk pemain yang berkiprah di dalam negeri, terutama BRI Liga 1 2023/2024, Sumardji mengklaim klub-klub mendukung personilnya dipanggil ke Timnas U-23 untuk Piala Asia U-23 2024.

"Pertemuan dengan teman-teman klub pada prinsipnya banyak yang mendukung. Insya Allah untuk pemain lokal aman," tutur pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini.

Sementara itu, dalam TC di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Timnas U-23 juga akan melakukan tiga ujicoba atau latih tanding, yakni dengan 

tiga negara Timur Tengah, Namun, Sumardji belum bisa mengungkap tiga lawan tersebut. Sebab, pihaknya masih melakukan pembicaraan dengan calon tim latih tanding Skuad Garuda.

Sumardji baru memastikan jadwal ujicoba Timnas U-23 di Dubai, yakni per tiga hari sekali pada 3, 6, dan 9 April 2024. Dia juga mengatakan, Timnas U-23 akan berkekuatan 26 pemain untuk TC di Dubai. Nama-namanya sudah dikantongi pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong. *

Komentar