nusabali

69 Jaksa Disiapkan Tangani Tindak Pidana Pemilu

  • www.nusabali.com-69-jaksa-disiapkan-tangani-tindak-pidana-pemilu

Tak hanya itu, saat ini sudah ada 11 posko yang tersebar di 9 Kejari di Bali untuk memantau proses pemilihan sampai pelaporan hasil pelaksanaan Pemilu.

DENPASAR, NusaBali
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Dr Ketut Sumedana menyiapkan 69 jaksa untuk menangani Tindak Pidana Pemilu yang digelar Rabu (14/2). Selain itu, Sumedana juga menyiapkan 11 posko di seluruh Kejaksaan Negeri (Kejari) di Bali.

Hal ini ditegaskan Sumedana usai menggunakan hak pilih di TPS 001 Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur. Dijelaskan, untuk di Kejati Bali pihaknya menyiapkan menyiapkan 6-8 jaksa di setiap Kejari untuk menangani tindak pidana Pemilu ini. “Jadi kurang lebih ada 69 jaksa yang disiapkan untuk menangani tindak pidana Pemilu ini,” ujar mantan Kapuspenkum Kejagung ini.

Seperti diketahui, penanganan tindak pidana pemilu dilakukan oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Badan Pengawas Pemilu, Kepolisian Republik Indonesia, dan Kejaksaan Agung.

Tak hanya itu, saat ini sudah ada 11 posko yang tersebar di 9 Kejari di Bali untuk memantau proses pemilihan sampai pelaporan hasil pelaksanaan Pemilu. “Dengan budaya masyarakat Bali yang tinggi dan bermartabat, Bali akan aman dan damai dalam proses pemilihan umum sampai pada tahap penghitungan selesai,” ujarnya.

Usai menggunakan hak pilihnya, Sumedana melanjutkan kunjungan bersama Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, Kapolda Bali, Irjen Ida Bagus Kade Putra Narendra, Pangdam Udayana, Mayjen TNI Harfendi melakukan kunjungan di 4 TPS lainnya di Kota Denpasar.

Yaitu TPS 18 Banjar Belaluan, TPS 026 Banjar Tunjung Sari, TPS 019 Banjar Ratna Bhuana, dan TPS 009 Banjar Kayu Mas Kaja. “Pemilu berjalan sangat kondusif dan aman. Walaupun diselingi hujan, akan tetapi antusias masyarakat Bali sangat tinggi untuk mengikuti proses demokratisasi,” pungkas pria kelahiran Buleleng ini.

Sementara itu, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya meyakini siapapun calon presiden dan wakil presiden terpilih berdasarkan hasil Pemilu 2024 akan dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. "Kita percaya, semua adalah putra-putra terbaik bangsa yang nanti akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," kata Sang Made saat melakukan peninjauan di TPS 026 Banjar Tunjung Sari, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar. 7 rez, ant

Komentar