nusabali

Menko Luhut Nyoblos di Cemagi, Badung

  • www.nusabali.com-menko-luhut-nyoblos-di-cemagi-badung

MANGUPURA, NusaBali - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan didampingi istri Devi Simatupang gunakan hak pilihnya di TPS (Tempat Pemungutan Suara) 14 Balai Banjar Pegayehan, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Rabu (14/2) pagi.

Kelian Banjar Dinas Pegayehan, Desa Cemagi, Putu Swastika mengkonfirmasi Menko Marves melakukan pencoblosan di TPS 14 sebagai DPTb (Daftar Pemilih Tambahan). Dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) di TPS 14 sebanyak 295 orang. Informasi Menko Marves akan datang menggunakan hak pilihnya di TPS 14 datang dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Cemagi pada, Minggu (11/2). Swastika menjelaskan walaupun kedatangan Menko Marves sebagai DPTb di TPS 14 tidak membuat adanya persiapan khusus dari warga banjar, hanya persiapan keamanan yang lebih ketat saja oleh petugas keamanan polisi maupun pecalang.

Luhut datang mengunakan hak pilihnya di Desa Cemagi karena sejalan dengan persiapan World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada Mei 2024 mendatang. Event internasional ini dihadiri oleh 52 perwakilan negara-negara di dunia.

"Saya pas ada rapat mengenai Word Water Forum di Bali. Jadi sekalian saja," jelas Luhut. Mengenakan baju berpola merah putih, Luhut dan istri tiba di TPS 14 pukul 10.45 Wita dan disambut hangat oleh masyarakat sekitar. Saat sampai di lokasi, Luhut berinteraksi dengan masyarakat yang menunggu giliran mencoblos. Tak berselang lama petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Banjar Pegayehan segera memanggil nama Luhut beserta istri untuk memberikan hak pilihnya.

"Ya saya harap semua damai walaupun kemarin kita berbeda-beda, itu sah-sah saja, demokrasi. Tapi sudah terpilih nanti sore kan kita sudah tahu nih kira-kira siapa presiden yang terpilih, ya kita guyub lagi," katanya usai mencoblos. Kepada wartawan Luhut juga menyampaikan tidak ingin kembali duduki kursi kabinet di masa pemerintahan baru nanti. “Kalau saya menjadi menteri lagi kebetulan enggak mau, udah cukup lah, kalau beri saran-saran iya mau. Istri saya udah tidak setuju saya jadi menteri lagi,” katanya. Usai memberikan suaranya di TPS 14, Luhut menyatakan optimis pasangan Capres-Cawapres yang didukungnya, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menang dalam satu putaran. “Kita lihat survei-survei aja, kalau saya pikir ya satu putaran,” tegasnya. Sementara informasi yang diterima kemarin di TPS 14 Desa Cemagi lokasi Luhut nyoblos kemarin pasangan Prabowo-Gibran meraih 140 suara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 126 suara, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya 4 suara.

Anggota KPPS TPS 14, Dewa Puja Astawa menyebutkan total pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 276 dari 295 orang yang terdaftar di TPS 14 Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung. Disebutkan pula bahwa surat suara yang dinyatakan sah sebanyak 270 suara, sedangkan tidak sah tercatat 6 suara. "Suara tidak sah disebabkan ada yang mencoblos dua kali, ada yang enggak mencoblos sama sekali. Sudah diperlihatkan juga sama saksi, kami juga cek bareng-bareng," kata dia. 7 cr79, ant

Komentar