nusabali

Rayakan Valentine di TPS, 100 Pencoblos Pertama Dapat Cokelat!

  • www.nusabali.com-rayakan-valentine-di-tps-100-pencoblos-pertama-dapat-cokelat

DENPASAR, NusaBali.com - Hari Valentine bukan hanya tentang cinta dan kasih sayang, tapi juga tentang demokrasi! Di TPS 26 Banjar Tunjung Sari, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, momen Valentine dipadukan dengan semangat pemungutan suara.

Berbeda dari TPS lain, TPS 26 didominasi warna pink dan merah hati, menghadirkan nuansa Valentine yang romantis. Dekorasi balon, kertas berbentuk hati, vas bunga, dan buket cokelat menghiasi ruangan, menyambut para pemilih dengan penuh keceriaan.

I Komang Sugatha, Kelian Dinas Banjar Tunjung Sari, menjelaskan bahwa dekorasi ini merupakan hasil karya tim kreatif banjar, dibantu oleh petugas TPS dan warga.

"Dana yang digunakan sekitar Rp 5 juta, gabungan dari swadaya dan bantuan KPU," ujar Sugatha, Selasa (13/2/2024).

Hadiah Cokelat untuk 100 Pencoblos Pertama

Menariknya, 100 pencoblos pertama di TPS ini akan mendapatkan hadiah spesial, yaitu cokelat! Buket cokelat yang cantik dihiasi permen Yupi siap menyambut para pemilih yang antusias.

"Selain cokelat, kami juga menyediakan camilan khas Valentine lainnya yang bisa ditarik dari buket oleh semua pemilih setelah mencoblos," kata Ni Luh Eka Mahayeni, Ketua KPPS TPS 26.

Semangat Petugas dan Pemilih

Para petugas KPPS, Pam TPS, dan PTPS pun tak mau kalah. Mereka kompak mengenakan kebaya berwarna pink dan merah hati, menambah semarak suasana Valentine di TPS.

"Dekorasi ini menambah semangat kami dalam bekerja. Respons warga juga positif, dan diharapkan bisa memberikan kesejukan di tengah panasnya kontestasi Pemilu," ungkap Mahayeni.

TPS Ramah Perempuan

Dengan 60 persen pemilih perempuan, TPS ini dirancang untuk ramah perempuan. Petugas perempuan yang sigap dan dekorasi yang nyaman diharapkan dapat menarik lebih banyak perempuan untuk menggunakan hak pilihnya.

"Tema Valentine ini juga selaras dengan demografi pemilih di Banjar Tunjung Sari," imbuh Mahayeni.

TPS 26 Banjar Tunjung Sari membuktikan bahwa Valentine dan demokrasi bisa berjalan beriringan. Dengan suasana yang ceria dan penuh cinta, diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini dapat meningkat.*rat

Komentar