nusabali

Red Bull KTM Tampilkan Wajah Baru Motor RC16

Quartararo dan Alex Rins Anggap YZR-M1 Meningkat Signifikan

  • www.nusabali.com-red-bull-ktm-tampilkan-wajah-baru-motor-rc16

JAKARTA, NusaBali - Tim Red Bull KTM siap menampilkan wajah baru motor RC16 2024 yang akan menjadi tunggangan Brad Binder dan Jack Miller untuk menghadapi balapan MotoGP musim 2024 ini.

Dari keterangan resmi pada Sabtu (10/2), tim dan pembalap akan mengungkapkan harapan dan ekspektasi baru mereka terkait konsep desain dan teknis motor pada Senin (12/2), setelah tim menyelesaikan ujicoba MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, awal pekan ini.

Binder mengungkapkan, sesi uji coba yang berlangsung selama tiga hari di Sepang merupakan salah satu sesi tes pramusim terbaik yang pernah ia jalani. Mengenai jalannya tes pramusim keseluruhan, pembalap asal Afrika Selatan itu mengatakan banyak fokus pada kombinasi dan mengaplikasikan mode menyerang demi mencapai catatan waktu yang diinginkan.

“Selain itu, kami membuat kemajuan di sisi elektronik dan pengereman mesin terasa lebih baik, begitu pula kontrol traksi. Secara umum kami membuat kemajuan yang baik dan orang-orang di pabrik dapat memahami lebih banyak tentang motor ini,” ujar Binder.

Jack Miller juga mengatakan para teknisi dan pembalap telah bekerja dengan baik selama uji coba di Sepang. Meski demikian, Miller menilai masih memiliki beberapa area yang ingin ia tingkatkan secara pribadi dengan pengaturan tertentu.

“Tapi, tujuan utama dari sesi ini adalah memahami setiap item dan kombinasinya serta mencoba membangun RC16 yang akan menjadi motor kami untuk musim 2024. Kami cukup dekat dengan tujuan utama kami,” kata Miller.

Namun manajer Tim KTM Red Bull Francesco Guidotti menambahkan, dirinya masih belum puas dengan kecepatan dari motor dan masih memiliki beberapa potensi lainnya untuk ditingkatkan sehingga RC16 bisa menjadi lebih kompetitif.

“Kinerja aerodinamika kami terlihat, kami juga melakukan pekerjaan di sisi elektronik, mesin, dan juga rangka. Tapi, kami masih bisa mencapai kecepatan di antara perubahan pengaturan,” kata Guidotti.

“Semuanya terfokus pada apa yang bisa kami lakukan untuk balapan musim ini dan kami sangat senang dengan kemajuan yang kami buat,” ujar Manajer Teknis Red Bull KTM Sebastian Risse.

Sementara itu, rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins sepakat motor YZR-M1 menunjukkan peningkatan signifikan dari segi teknis terutama di sisi aerodinamika usai uji coba hari terakhir di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Kamis (8/2).

“Mesin untuk motor 2024 lebih baik, aerodinamis juga lebih baik, tapi cengkeraman elektroniknya hilang. Saya pikir, selangkah demi selangkah, kami semakin dekat ke puncak,” kata Quartararo, Jumat.

Pembalap asal Prancis itu menyelesaikan 56 lap dan mencatat kecepatan balapan yang positif. Waktu terbaiknya pada uji coba hari ketiga adalah 1 menit 57,525 detik yang ia catatkan pada lap 12.

Di sisi lain, Rins juga sepakat bahwa uji coba terkait pengaturan teknis yang dilakukan oleh tim berguna untuk memperbaiki konfigurasi motor. Meskipun kinerja aerodinamika ia nilai baik, Rins mengaku cukup kesulitan untuk menghentikan motor dan ban belakang sedikit terangkat.

Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli menambahkan progres di sisi aerodinamika dan mesin memang menjadi prioritas utama tim pada rangkaian uji coba MotoGP 2024 di Sepang. Selain itu, tim juga memperkenalkan perangkat start belakang baru yang disematkan pada motor.

“Semua item baru telah disetujui oleh semua pembalap dan ini adalah pertanda baik karena pekerjaan yang kami lakukan telah dilakukan dengan benar,” kata Meregalli.

Sedangkan juara dunia Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menjadi yang tercepat dalam tes hari ketiga MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia,  Kamis, setelah menorehkan waktu 1 menit 56,682 detik. Pecco mengungguli rivalnya, Jorge Martin, yang lebih lambat 0,172 detik pada posisi kedua.

Catatan Bagnaia juga mengungguli rekan setimnya dan yang tercepat pada hari kedua tes, Enea Bastianini, yang pada hari ketiga ini menempati posisi ketiga dengan 1 menit 56,915 detik.

Seluruh peserta MotoGP masih harus melalui satu tes terakhir di Sirkuit Lusail Qatar pada 19-20 Februari, sebelum musim baru MotoGP 2024 dimulai di sirkuit yang sama pada 8-10 Maret. ant

Komentar