nusabali

Siswa SMPN 4 Singaraja Sapu Rata Juara Olimpiade Provinsi

Kado HUT ke-45

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-4-singaraja-sapu-rata-juara-olimpiade-provinsi

SINGARAJA, NusaBali - SMPN 4 Singaraja belum lama ini berhasil membawa pulang piala bergilir Olimpiade tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Blahbatuh.

Piala bergilir itu dibawa pulang setelah meraih 7 medali di lima kategori lomba sehingga dinyatakan sebagai juara umum. Raihan prestasi ini pun menjadi kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 yang puncaknya jatuh pada 17 Februari mendatang.

Dalam olimpiade provinsi ini, SMPN 4 Singaraja mengirimkan puluhan perwakilannya. Dari enam kategori lomba hanya di kategori IPS siswanya tidak berhasil lolos ke final. Namun di kategori lain seperti Olimpiade Bahasa Inggris siswa SMPN 4 menyapu bersih Juara I, II dan III. Lalu di kategori Matematika berhasil merebut Juara II, bidang IPA memperoleh juara Harapan I, Essay Ilmiah juara II dan lomba baca puisi meraih juara III.

Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana mengatakan, piala bergilir SMAN 1 Blahbatuh ini menambah koleksi piala bergilir yang diperoleh. Selain piala bergilir Kadisdik Provinsi Bali lewat lomba olimpiade SMAN 1 Gianyar dan piala bergilir Kepala ITB STIKOM Bali. Selain prestasi tingkat provinsi juga ada dua prestasi tingkat kabupaten. Yakni Juara 1 Poster Digital antar siswa SMP dalam SMK Fest 2024 di SMK N 3 Singaraja dan Juara II Fotografi dengan tema Budaya Buleleng di SMA Negeri 1 Busungbiu.

“Tentu kami berbangga dengan prestasi anak didik kami. Sekolah memberikan peluang dan kesempatan besar siswa untuk berkompetisi di luar untuk pembentukan karakter siswa,” ucap Budiastana saat dihubungi Kamis (8/2) kemarin.

Untuk menjaga semangat berkompetisi, sekolah memberlakukan reward dan punishment. Mereka yang berprestasi diberikan penghargaan dalam bentuk materiil dan immateriil. Budiastana pun mengatakan selain dukungan penuh dari sekolah melalui pembinaan berkala siswa penggemar mata pelajaran, juga kerjasama dengan komunikasi dukungan orangtua.

Penggemar mata pelajaran disebut Budiastana salah satu upaya sekolah memberikan ruang siswa berekspresi dan bereksplorasi kepada siswa. “Sekolah memberikan kebebasan siswa memilih dimana potensi dan minatnya. Mendorong anak-anak mengembangkan bidang yang digeluti, baik bidang akademik dan non akademik,” tegasnya.7 k23

Komentar