nusabali

KONI Badung Gelar Rakerkab

Nariana : Pemantapan Organisasi untuk Tingkatkan Prestasi Atlet

  • www.nusabali.com-koni-badung-gelar-rakerkab

Program kerja 2025 menjadi sorotan utama karena KONI Badung akan mengajukan Rencana Anggaran Belanja 2025 kepada Bupati Badung melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) pada Maret nanti.

MANGUPURA, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung siap menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) pada 16 Februari ini. Kegiatan itu melibatkan seluruh cabang olahraga (cabor) dan menjadi bagian dari usaha meningkatkan prestasi atlet Badung.

Menurut Ketua Umum KONI Badung, Made Nariana, pertemuan itu menjadi momentum penting mengkaji program kerja 2024 dan merencanakan untuk tahun 2025. Dalam agenda tersebut, program kerja 2025 menjadi sorotan utama karena KONI Badung akan mengajukan Rencana Anggaran Belanja 2025 kepada Bupati Badung melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) pada Maret 2024 nanti.

"Apalagi dana yang dibutuhkan untuk tahun 2025 diprediksi akan signifikan, terutama terkait penyelenggaraan Porprov," kata Nariana, Senin (5/2).

Menurut Nariana, Badung memiliki ambisi besar untuk meraih gelar juara ke-10 dalam Porprov Bali 2025. Namun, tantangan terutama terletak pada soliditas organisasi, terutama dalam beberapa cabang olahraga di mana koordinasi dan konsistensi pengurus menjadi masalah. 

"Saya berulang kali menyampaikan kepada Pengkab Cabor, jika ada personalia pengurus tidak aktif, segera diganti. Termasuk pelatih yang tidak mampu meningkatkan prestasi atlet," kata Nariana lagi.

Sementara Sekretaris KONI Badung, Made Sutama juga menyoroti pentingnya renovasi sejumlah venue olahraga di wilayah Badung dalam persiapan Porprov 2025. Banyak lapangan yang memerlukan perbaikan atau bahkan pembangunan baru untuk mendukung sejumlah cabang olahraga. 

"Dalam tahun 2024 ini, tentu kegiatan akan difokuskan ikut mensukseskan PON Aceh/Papua, sebab banyak atlet Badung lolos dalam PON itu. Berdasarkan catatan KONI Bali, atlet Badung terbanyak lolos PON," kata Sutama, yang dikonfirmasi terpisah.

Selain membantu atlet PON asal Badung, kegiatan KONI juga bertujuan untuk melakukan latihan lebih intensif menuju Porprov Bali tahun 2025. Sutama menegaskan bahwa prestasi atlet tidak dapat terwujud secara instan, melainkan memerlukan pembinaan yang intensif jauh sebelum event besar seperti Porprov. 

"Dalam tengah sibuk dengan persiapan PON Aceh/Sumut, KONI Bali bersama KONI Kabupaten, kami minta segera menentukan tuan rumah Porprov, sebab itu menyangkut pengajuan anggaran tahun 2025," kata Sutama.

Sutama juga menegaskan, Rakerkab KONI Badung menjadi titik awal yang penting dalam membangun pondasi menuju prestasi di Porprov Bali 2025. cr79

Komentar