nusabali

Sepi, Lantai III Pasar Seni Sukawati Jadi Gudang

  • www.nusabali.com-sepi-lantai-iii-pasar-seni-sukawati-jadi-gudang

GIANYAR, NusaBali - Lantai III Pasar Seni Sukawati blok C tampak sepi. Jangankan pengunjung, pedagang pun enggan membuka lapak. Lantai III ini sudah lama dimanfaatkan sebagai gudang, terutama oleh pedagang lukisan. Penyebabnya, sebaran pengunjung tak merata.

Pantauan di lokasi, tak ada wisatawan yang berkunjung untuk berbelanja ataupun sekadar keliling di lantai III. Agar tidak terkesan mangkrak, pengelola menggantungkan lukisan di kios milik pedagang. 

Salah seorang warga, Made Ayu, mengatakan lantai III sepi sejak diresmikan. Sebab pedagang yang memiliki kios merupakan pedagang sembako sehingga tidak punya pengetahuan berdagang barang seni. “Saya hanya datang sesekali untuk membersihkan kios,” ujar Made Ayu, Senin (5/2).

Made Ayu justru menyewa kios di tempat lain untuk jualan sembako. Menurutnya, wisatawan hanya ramai berkunjung di lantai I dan II blok A. Sementara yang lain sangat minim. “Bisa dilihat kondisi tempat ini dan bedakan dengan di lantai I blok A,” ujarnya. 

Para pedagang enggan berjualan di pasar seni sebab langganan mereka bukan pembeli barang seni. “Saya kan jualan sembako. Kalau jualan barang seni jika tidak dapat tempat strategis pasti ngga laku.  Kalau jualan sembako, saya sudah punya langganan,” ungkap Made Ayu. 7 nvi

Komentar