nusabali

Distan Denpasar Vaksinasi Anjing di Sanur

  • www.nusabali.com-distan-denpasar-vaksinasi-anjing-di-sanur

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar bersinergi dengan Yayasan Bali Animal Welfare Association (BAWA) melakukan vaksinasi dan sterilisasi pada anjing dan kucing dengan menyasar kawasan wisata Sanur, Denpasar Selatan, sebagai salah satu upaya pencegahan rabies.

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar Anak Agung Gde Bayu Brahmasta, Rabu (31/1/2024), berharap melalui kegiatan kolaborasi tersebut dapat memberikan dampak positif dalam menekan penyebaran rabies.

“Selain itu dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya tindakan preventif terhadap penyakit rabies, karena juga diisi dengan kegiatan kampanye, informasi, dan edukasi (KIE),” ujarnya.

Sejumlah daerah di kawasan wisata Sanur yang menjadi sasaran vaksinasi rabies dan sterilisasi yakni lingkungan Banjar Dangin Peken, Desa Adat Intaran, Desa Sanur Kauh, Jalan Danau Tondano, serta Kelurahan Sanur.

Kolaborasi dengan Yayasan BAWA tersebut telah melakukan sterilisasi pada 28 hewan (7 kucing betina, 8 anjing jantan, dan 13 anjing betina). Selain itu, dilakukan juga vaksinasi rabies pada 17 anjing dan 6 kucing.

Distan menargetkan sekitar 90 persen dari total populasi hewan penular rabies (HPR) di Kota Denpasar yang berjumlah lebih dari 82.000 ekor dapat tervaksinasi pada 2024.

Menurut Agung Brahmasta, vaksinasi untuk hewan penular rabies dilaksanakan dengan harapan dapat mendukung terciptanya kesehatan hewan berkelanjutan di Kota Denpasar. “Vaksinasi rabies ini juga dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis juga dapat menghubungi Dinas Pertanian Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan, atau dapat melihat jadwal di masing-masing desa/kelurahan. 7 ant

Komentar