nusabali

Puncak Musim Penghujan, Masyarakat Diimbau Waspadai Hujan dan Petir

  • www.nusabali.com-puncak-musim-penghujan-masyarakat-diimbau-waspadai-hujan-dan-petir

SINGARAJA, NusaBali - Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, memperingatkan warga agar waspada hujan disertai petir pada puncak musim hujan saat ini.

Masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan untuk memperhatikan situasi cuaca saat bertani dan melaut. Hal ini, untuk mengantisipasi adanya sambaran petir.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, sesuai keterangan yang diberikan Badan Metorologi, Kimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini wilayah Kabupaten Buleleng saat ini masuk dalam puncak musim hujan. Masyarakat pun diminta untuk selalu waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi.

“Dari rilis BMKG, Januari sampai Februari ini puncak musim hujan. Kami imbau masyarakat Buleleng, untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometologi. Seperti halnya, banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, serta pohon tumbang. Masyarakat apabila hujan, kalau tidak mendesak kita harap tidak melaksanakan kegiatan diluar rumah,” ujarnya, dikonfirmasi Minggu (28/1).

Cuaca ekstem hujan disertai petir yang terjadi beberapa hari belakangan, petani diimbau untuk segera mencari lokasi teduh jika dirasa akan turun hujan. Hal tersebut, untuk mengantisipasi agar petani tidak terkena sambaran petir saat melakukan aktivitas di sawah.

Komentar