nusabali

Cawapres Siap Adu Gagasan Malam Nanti

  • www.nusabali.com-cawapres-siap-adu-gagasan-malam-nanti

JAKARTA, NusaBali - Debat keempat Pilpres yang diikuti oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres) berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam ini.

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengharapkan pelaksanaan debat Cawapres sesi kedua Pemilu 2024 ini bisa menampilkan visi dan misi masing-masing calon.

Dalam kunjungan kerja di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/1) Puan mengatakan bahwa pelaksanaan debat yang menghadirkan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md tersebut bisa berjalan lancar. "InsyaAllah debat cawapres akan berjalan baik, lancar, semua cawapres akan bisa berbicara atau memperlihatkan visi dan misinya secara baik," kata Puan.

Puan menambahkan, pelaksanaan debat yang akan mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria dan masyarakat adat tersebut bisa berjalan seru sehingga masyarakat bisa melihat kemampuan masing-masing cawapres. "Semoga besok (mala mini) debatnya berjalan seru, sehingga rakyat bisa melihat (kemampuan masing-masing cawapres)," tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Angela Tanoesoedibjo yakin Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md bisa menunjukkan performa terbaik saat debat cawapres malam nanti. "Saya yakin dengan Pak Mahfud karena sosok senior yang telah malang melintang. Yang pasti kita doakan beliau sehat, semangat supaya besok bisa menunjukkan performa terbaik. Saya yakin beliau luar biasa," kata Angela saat ditemui di acara pengecekan kesehatan gratis di Surabaya, Sabtu kemarin.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) ini, Mahfud Md selama ini dikenal sebagai pendekar hukum. "Jadi apapun gagasannya konstruksi hukum didahulukan, implementasinya agar tidak berantakan. Saya sudah merasakan empat tahun gagasan bagus tapi konstruksi hukum tidak ada, ya percuma," kata Wakil Ketua Umum Partai Perindo ini. Hal serupa disampaikan Ketua Presidium Nasional Jaringan Kerja Akar Rumput Bersama Ganjar (Jangkar Baja) I Ketut Guna Artha alias Igat. Dia menilai debat sesi ini merupakan ‘pertarungan’ gagasan yang kedua bagi kandidat cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Igat yang juga diberi tugas sebagai salah satu jubir Tim Pemenangan Nasional Ganjar Mahfud ini meyakini Prof Mahfud lebih siap menghadapi debat. "Mengapa? Karena apapun tema yang akan diperdebatkan ketika ada persoalan dan kesalahan terkait dengan regulasi, tata kelola, tata niaga maka pangkalnya adalah supremasi hukum. Dan bidang hukum menjadi penguasaan Prof Mahfud," jelas Igat.

Sedangkan Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, memastikan Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menguasai substansi tema debat, Minggu malam nanti. "Kami (TKN) sudah menyiapkan bahan-bahannya, sudah kami sampaikan. Mungkin, Jumat (19/1), kami akan ada pertemuan lagi untuk finishing touch (finalisasi)," kata Budiman di Jakarta, Kamis (18/1) lalu.

Budiman mengungkapkan Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran membagi dua persiapan untuk debat cawapres itu, yakni terkait substansi dan penyampaian. Khusus masalah substansi, Budiman mengatakan sebagian tema Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024, yang membahas sumber daya alam (SDA), masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria tersebut, telah cukup dikuasai oleh Gibran.

"Beberapa hal berkaitan dengan equality, Mas Gibran sudah berpengalaman. Kalau soal energi terbarukan, Mas Gibran juga pengalamannya sudah ada praktik-praktik di lapangan, di Kota Surakarta," kata Budiman. Meski demikian, dia mengakui Tim Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran akan menekankan pendampingan terkait masalah reforma agraria, masyarakat adat, dan desa. Dia menjelaskan Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran memberikan pendampingan khusus terkait isu-isu yang dikuasai maupun kurang dikuasai oleh pasangan calon nomor urut 2 tersebut. "Beberapa tema baru, misalnya tentang desa, nah, Mas Gibran kan pengalamannya kota. Soal reforma agraria dan masyarakat adat, memang tidak ada di wilayah kota. Itu kami intensif melakukan pendampingan soal itu," jelasnya.

Budiman memastikan semua isu yang akan dibahas dalam debat mendatang akan dipelajari oleh Prabowo dan Gibran. Namun, dia menekankan saat debat nanti, situasi panggung akan sepenuhnya berada di tangan capres atau cawapres yang berdebat.

Sebelumnya Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sudah siap untuk tampil di Debat ke-4 Pilpres. Dia mengatakan calon wakil presidennya itu tak perlu dimentori. "Cak Imin tidak perlu dimentori, Cak Imin sudah siap untuk debat," kata Anies. Sementara itu Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) menyakini Cak Imin akan tampil baik dalam debat.

"Cak Imin cukup banyak menguasai hal, tidak perlu kita berikan masukan. Biar dia belajar, dia kan bekas Wakil Ketua DPR, bekas menteri. Masa mau diajarin lagi," tutur JK seusai menjamu Anies. Menurut JK, Cak Imin mampu mengikuti dinamika debat yang akan datang. JK kemudian menanggapi positif dukungan netizen soal akronim AMIN (Anies-Muhaimin). "Iya, saya yakin lah (dengan Cak Imin-red). Baguslah (akronim AMIN didukung-red), tentu itulah yang diharapkan, tentu rakyat menyadari karena pemimpin itu mengubah masa depan, tergantung kita kebaikan masa depan. Tergantung pada pemimpin yang ada" ucap JK. Di momen ini dia juga menganalogikan soal mengendarai kendaraan dengan supir yang berpengalaman baik, memiliki ilmu pengetahuan serta mengetahui rute jalan. Dia menyebut tentu penumpangnya akan selamat sampai tujuan.

Sebagai informasi, dalam debat yang akan dilaksanakan pada Minggu (21/1) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan akan menghadirkan 11 panelis dari berbagai universitas terkemuka dan menjadi ahli pada bidang transisi energi, lingkungan, agraria hingga perencanaan wilayah dan pedesaan. Sebanyak 11 orang panelis tersebut, mulai menjalani karantina pada 19 Januari 2024 untuk mempersiapkan pertanyaan kritis yang akan diajukan kepada cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Debat nanti malam untuk pertama kalinya dipandu dua moderator perempuan, yaitu Retno Pinasti (SCTV) dan Zilvia Iskandar (Metro TV). Dua moderator itu merupakan jurnalis (news anchor) usulan stasiun televisi yang ditunjuk oleh KPU RI sebagai media penyelenggara debat keempat Pilpres 2024. “Untuk kali ini debat keempat dua-duanya (moderator) perempuan,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat ditemui selepas rapat final koordinasi penyelenggaraan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1) lalu.

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi. 7 ant, k22

Komentar