nusabali

Puasa Kursi di 2 Pemilu, PKB Badung Bertekad Bentuk Satu Fraksi

  • www.nusabali.com-puasa-kursi-di-2-pemilu-pkb-badung-bertekad-bentuk-satu-fraksi

MANGUPURA, NusaBali.com - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Badung absen di DPRD Kabupaten Badung pada dua pemilu terakhir. Pemilu kali ini, partai yang didirikan Gus Dur ini bertekad 'comeback'.

Terakhir kali, PKB berhasil mengirim satu wakilnya ke kursi DPRD Kabupaten Badung pada Pemilu 2009. Sebagai, partai dengan basis umat Islam, 'partai hijau' ini terus bergerak di tengah penetrasi partai nasionalis.

"PKB (di Badung) selama ini tidak pernah mendapatkan kursi setelah Pemilu 2009," ungkap Ketua DPC PKB Badung H Suseno Sadewa ketika dihubungi NusaBali.com pada Jumat (19/1/2024).

Meski lama puasa kursi, PKB tetap memelihara eksistensi mereka di Badung. Pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020 silam, berbekal konstituen Muslim, PKB mengarahkan dukungan ke pasangan calon Giri Prasta-Suiasa (Giriasa).

Kata Suseno, target partai politik yang dinakhodai calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar adalah membentuk satu fraksi di wakil rakyat Badung lewat Pemilu 2024 ini.

"Mudah-mudahan di tahun ini kami mendapatkan kursi dan bisa membentuk satu fraksi," ujar Suseno yang juga calon Anggota DPRD Badung Daerah Pemilihan (Dapil) Kuta Utara ini.

Pemilu 2019 silam, PKB memperoleh 4.696 suara sah di Badung. Masih cukup lebih baik dari hasil PKB di Gianyar dan Karangasem yang jumlah pemilihnya mirip-mirip.

Berdasarkan hasil Pemilu 2019 ini pula, PKB masih menjadi 'partai Islam' paling kuat di Badung. Sebab, perolehan suara sah partai bercorak Islam lainnya seperti PKS, PPP, PAN, dan PBB berada di bawah PKB, dengan PKS jadi pesaing terkuat.

"Kami berharap Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) kali ini jujur dan adil dan dapat mengakhiri kekosongan kursi ini," tandas Suseno yang baru menjabat ketua DPC PKB Badung sejak 2021. *rat

Komentar