nusabali

Dinas PKD Belum Operasikan 4 Mobil Pintar

  • www.nusabali.com-dinas-pkd-belum-operasikan-4-mobil-pintar

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (PKD) Karangasem belum mengoperasikan 4 mobil pintar, atau perpustakaan keliling selama Januari - Februari 2024. Sebab situasi belum memungkinkan untuk menggelar acara melayani banyak siswa, mengingat masih tahapan kampanye Pemilu 2024.

"Saya belum susun jadwal kunjungan ke sekolah-sekolah, sehingga empat mobil pintar belum dioperasikan selama Januari ini," jelas Kepala Dinas PKD Karangasem I Wayan Putu Laba Erawan di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai. No: 27, Amlapura, Kamis (18/1).

Selama ini, jelas dia, anggaran untuk mengoperasikan 4 mobil pintar tiap tahun tersedia. Hanya saja momen untuk melaksanakan kegiatan pada Januari - Februari, belum memungkinkan. "Nanti setelah tidak lagi ada kegiatan politik, empat mobil kembali beroperasi keliling Karangasem melayani sekolah-sekolah yang tidak memiliki perpustakaan," tambahnya.

Tercatat, dari 8 mobil pintar, tinggal 4 mobil yang laik beroperasi. Dari 4 mobil yang ada, di dalamnya telah dirancang untuk perpustakaan lengkap dengan memajang buku-buku bacaan, cocok untuk siswa SD dan SMP. Di samping memberikan edukasi kepada petugas perpustakaan di SD dan SMP, bagi yang telah punya perpustakaan dan mencari tahu koleksi buku yang terbaru.

Laba Erawan mengingatkan, manfaat perpustakaan sangat penting di antaranya, untuk penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi, tempat diskusi, dan lain-lain. Hanya saja dari 359 SD yang ada di Karangasem, sementara baru 219 SD yang telah memiliki perpustakaan selebihnya 140 SD belum punya perpustakaan. Sehingga prioritas program mobil pintar menyasar 140 SD.

Di tiap mobil juga menyediakan dua laptop, siswa bisa memanfaatkan untuk mengakses internet, di bawah panduan tutor. Mengingat belum dioperasikan 4 mobil pintar katanya, sementara mengoptimalkan pelayanan di perpustakaan daerah di Jalan Ngurah Rai. Di perpustakaan telah tersedia wifi, komputer, buku digital, buku-buku terbaru, koran, dan majalah terbaru setiap ahri.7k16

Komentar