nusabali

Mahendra Jaya Minta Fokus Penanganan HIV/AIDS dan Stunting

  • www.nusabali.com-mahendra-jaya-minta-fokus-penanganan-hivaids-dan-stunting

DENPASAR, NusaBali - Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyambangi Kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Bali di Jalan Melati, Denpasar, pada Kamis (4/1) siang. Mahendra Jaya mengharapkan jajaran Diskes Bali menaruh perhatian lebih pada masalah penularan HIV/AIDS dan penurunan angka stunting.

“Harus ada perhatian khusus untuk HIV/AIDS mengingat tingkat penularannya cukup tinggi dan kita harus petakan betul langkah dan detail apa yang kita bisa intervensi agar penularannya bisa seminimal mungkin,” kata Mahendra Jaya.

Begitu pun dengan penurunan angka stunting yang sudah menjadi prioritas nasional bahkan seringkali diamanatkan Presiden Joko Widodo. “Saya lihat sendiri dan saya sudah yakin bahwasanya pembangunan Bali di bidang pelayanan kesehatan masyarakat telah memiliki pondasi kuat dan sudah jelas arahnya ke mana. Tinggal ke depan apa yang sudah baik kita tetap jaga lanjutkan dan perkuat, kita tingkatkan lagi,” tegas Mahendra Jaya.

Dia pun mengharapkan ada laporan berkala dari setiap kawasan mengenai target penanganan gizi buruk atau peningkatan angka kecukupan gizi.

Mahendra Jaya juga berpandangan bahwa masalah kesehatan adalah yang utama, jika melihat urgensinya dalam kehidupan masyarakat, perekonomian hingga berjalannya roda pemerintahan  daerah. “Kesehatan kunci utama, sehat dulu yang penting. Kalau tidak sehat jangankan bekerja, berkarir, untuk makan saja tidak enak,” tegasnya.

Sementara Kadiskes Bali I Nyoman Gede Anom menyampaikan sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang termasuk di antaranya untuk menurunkan jumlah stunting di Bali. “Hasil ini berkat kolaborasi kita dengan berbagai pihak seperti TP PKK hingga ke desa-desa yang secara langsung memberikan dampak,” ujar Anom.cr78

Komentar