nusabali

Jelang Debat Capres 'Tema Prabowo' 7 Januari, Jurkam AMIN di Bali: Anies Kuasai Permasalahan

  • www.nusabali.com-jelang-debat-capres-tema-prabowo-7-januari-jurkam-amin-di-bali-anies-kuasai-permasalahan

DENPASAR, NusaBali.com - Tema debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024) mendatang dinilai sebagai 'lahan' Prabowo Subianto. Namun, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Bali optimis Anies bakal menguasai debat terlepas apapun temanya.

Tema debat capres-cawapres ketiga ini mengangkat isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Topik bahasan ini dinilai menjadi lahan pekerjaan capres Prabowo yang kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

Meski begitu, Ahmad Baraas, Juru Kampanye (Jurkam) TPD AMIN Bali tetap optimis Anies bisa unggul di debat ketiga ini. Sebab, Anies disebut memiliki wawasan isu-isu nasional maupun internasional, termasuk yang menyangkut tema debat pada Minggu malam nanti.

"Pak Anies ini menguasai hampir semua masalah dalam negeri dan luar negeri. Saya yakin Pak Anies akan bisa menguraikan dengan baik gagasan-gagasannya sebagai capres," ujar Baraas kepada NusaBali.com, Kamis (4/1/2023).

Dilihat dari jejak pendidikan, Anies menempuh program magister kebijakan publik di University of Maryland, Amerika Serikat. Kemudian, menuntaskan program doktor ilmu politik di Nothern Illinois University, juga di Amerika Serikat.

"Beliau ini sosok yang siap memimpin Indonesia dengan jumlah penduduk hampir 300 juta ini," imbuh Baraas yang juga mantan jurnalis salah satu surat kabar nasional ini.

Kata Baraas, partai pengusung Anies tidak mungkin percaya diri menyodorkan mantan Gubenur DKI Jakarta ini ke publik jika tidak ada kompetensi di bidang yang berkaitan dengan urusan negara. Termasuk urusan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik ini.

Sementara itu, terkait nonton bareng (nobar) debat, jelas Baraas, di Bali memang tidak ada acara khusus yang diatur TPD. Namun, hal ini digerakkan sendiri oleh simpul-simpul relawan dengan mengundang masyarakat sebagai ajang sosialisasi dan edukasi pemilih terhadap capres usungan Koalisi Perubahan ini.

"Entah itu hankam (pertahanan dan kemanan), hubungan internasional, dan geopolitik, keamanan antarkawasan. Hal-hal ini sudah dikuasai oleh Pak Anies, boleh silakan ditonton saja nanti," tandas Baraas.

Untuk diketahui, ketiga capres di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 akan kembali bertemu di panggung debat resmi yang digelar KPU RI pada Minggu pukul 20.00 Wita. Pertemuan kedua para capres di panggung debat ini bakal disiarkan langsung dari Istora Senayan, Jakarta.

Beberapa pihak menilai, tema debat kali ini menjadi keuntungan capres Prabowo yang berlatar belakang militer dan Menteri Pertahanan aktif. Namun, dua kubu lainnya, baik capres Anies dan Ganjar Pranowo sendiri menyatakan optimisme masing-masing menghadapi debat yang mengangkat 'tema Prabowo' ini. *rat

Komentar