nusabali

Pohon Tumbang, Akses Jalan di Desa Dalang Macet 5 Jam

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-akses-jalan-di-desa-dalang-macet-5-jam
  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-akses-jalan-di-desa-dalang-macet-5-jam

TABANAN, NusaBali - Pohon tumbang melintang di jalur umum Desa Gadungan-Desa Dalang Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Senin (1/1) malam. Akibatnya pohon jenis Udu itu membuat macet selama 5 jam. Selain itu pohon juga menimpa dapur dan merajan warga.

Adapun bangunan yang ditimpa adalah dapur milik I Nyoman Gama Antara dan merajan milik I Ketut Tirtayasa. Kedua bangunan yang tertimpa pohon ini kerusakannya tidak parah, namun khusus merajan satu palinggih korban miring. Total kerugian dari bencana ini sekitar Rp 10 juta. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan I Nyoman Sri Nadha Giri, mengatakan laporan pohon tumbang baru diterima sekitar pukul 20.18 Wita, kemudian TRC langsung dikerahkan ke lokasi untuk evakuasi. “Pohon ini cukup besar, berdiameter 80 centimeter karena usianya sudah tua,” jelasnya ketika dikonfirmasi, Selasa (2/1). 


Disebutkan pohon ini tumbang diperkirakan karena tak kuat menahan beban. Sebab terlihat dari tumbangnya, bagian akar sampai lepas dari tanah. Sehingga evakuasi berlangsung cukup lama. 

“Jadi selain menimpa bangunan, tumbangnya pohon ini juga mengakibatkan macet selama lima jam. Akses jalan di Desa Dalang terganggu,” beber Sri Nadha Giri. 

Menurutnya selama evakuasi Senin malam itu pihaknya dibantu masyarakat dan TNI-Polri. Sehingga Selasa sekitar pukul 02.00 kemarin pohon baru bisa dievakuasi. “Potongan kayu hasil dari evakuasi itu sudah diminta oleh warga. Sekarang jalur menuju dua desa tersebut sudah normal,” tandasnya. 7 des

Komentar