nusabali

Perayaan Pergantian Tahun di Gianyar, Ditandai Tiupan 2.024 Terompet

  • www.nusabali.com-perayaan-pergantian-tahun-di-gianyar-ditandai-tiupan-2024-terompet
  • www.nusabali.com-perayaan-pergantian-tahun-di-gianyar-ditandai-tiupan-2024-terompet

GIANYAR, NusaBali - Semarak letusan kembang api dan tiupan 2.024 terompet menandai malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Gianyar, Senin (1/1) malam. Malam pergantian tahun ini menjadi momen yang selalu dinanti-nanti masyarakat.

Terbukti dengan antusias masyarakat yang datang memadati Alun-alun Kota Gianyar sejak Minggu (31/12) sore. Mereka hadir menyaksikan pagelaran pesta rakyat menyambut matahari 2024 yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Beragam hiburan ditampilkan sebelum pesta kembang api mulai dari bondres hingga konser musik. Pada kesempatan itu, panitia membagikan terompet gratis sebanyak 2.024 buah kepada pengunjung. 

Acara pesta pergantian tahun dimulai pukul 17.45 WITA dengan penampilan bondres dilanjutkan penampilan Band Sweet Papa, Nigt Tone, The Player, Matahari, dan Fucklit and Friend, diselingi penampilan Made Mura. Pukul 21.00 WITA, masyarakat yang datang kembali dihibur oleh bintang tamu yakni Mercy Band, Tika Pagraky, dan Jun Bintang. 

Puncaknya pukul 23.45 WITA, acara kembali dipandu oleh bondres untuk menghitung detik-detik pergantian tahun. Tepat pukul 00.00 WITA, peluncuran kembang api disertai tiupan terompet memeriahkan Kota Gianyar, menandai berakhirnya tahun 2023 dan dimulainya lembaran baru di tahun 2024.

Ditemui ketika pelaksanaan perayaan pergantian tahun di Alun-alun Kota Gianyar, Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta mengatakan, perayaan malam pergantian tahun tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menampilkan berbagai hiburan bagi masyarakat, mulai konser musik hingga pesta kembang api. “Pada intinya tidak beda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami juga menyajikan hiburan dari artis-artis Bali,” ujar Dewa Alit Mudiarta. 

Istimewanya pada perayaan pergantian tahun kali ini, adanya pembagian terompet sebanyak 2.024 kepada masyarakat. Terompet ditiup bersamaan pada detik-detik pergantian tahun. “Saat ini yang teristimewa karena ada pembagian 2.024 terompet,” ungkapnya.

Melalui momentum pergantian tahun ini, Sekda Gianyar mengajak masyarakat ikut menjaga kondusivitas dan keamanan. Apalagi di tahun 2024 ada pesta demokrasi pemilu dan pilkada. “Kami harapkan seluruh masyarakat Gianyar bersama-sama menjaga keamanan sehingga pesta demokrasi berlangsung kondusif dan aman," harapnya.

Sementara itu, keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tumpah ruah menyambut tahun baru di Alun-alun Kota Gianyar ini diatensi khusus oleh Kapolres Gianyar AKBP I Ketut Widiada. 

Bersama Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Eka Wira Dharmawan, Dishub, dan stakeholder terkait menggelar patroli berskala besar. Patroli dimulai dari Mapolres Gianyar, mengambil rute ke kawasan pariwisata Ubud, Sukawati, Blahbatuh, dan berakhir di Alun-alun Kota Gianyar. 

“Kami dari Polres Gianyar bersama Kodim 1616 Gianyar dan Dishub melaksanakan patroli berskala besar ke sejumlah kawasan padat aktivitas masyarakat yang merayakan pergantian malam tahun baru," ujar AKBP Ketut Widiada.

Saat memimpin pengamanan di kawasan Ubud, Kapolres Gianyar bersama Dandim 1616/Gianyar meninjau kegiatan wisatawan di kawasan Alun-alun Ubud dan pertunjukan seni di Puri Saren Ubud. Patroli kemudian dilanjutkan ke kawasan Sukawati hingga Jalan Bypass Ida Bagus Mantra dan berakhir di Alun-alun Kota Gianyar. 

Kapolres Gianyar juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang merayakan pergantian malam tahun baru di kawasan Alun-alun Kota Gianyar untuk bersama-sama menjaga keamanan perayaan tahun baru 2024. 7 nvi

Komentar