nusabali

Jumlah Kasus Covid-19 di Bali Terkendali

  • www.nusabali.com-jumlah-kasus-covid-19-di-bali-terkendali

DENPASAR, NusaBali Perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Bali masih tergolong moderat. Meski demikian adanya peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara di Asia Tenggara masih perlu diwaspadai.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Bali, Dr dr I Nyoman Gde Anom MKes menyampaikan testing Covid-19 masih dilakukan terhadap pasien rumah sakit yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Dalam hal ini yang di-testing bukan merupakan pasien rawat inap akibat Covid-19, melainkan pasien yang menjalani rawat inap karena penyakit lain yang sedang diderita yang mengakibatkan harus dirawat inap.

Dokter Anom menyebut jumlah kasus Covid-19 di Bali belum mengalami peningkatan secara berarti semenjak testing digalakkan awal Desember ini. “Hasil skrining kemarin tanggal 20 Desembar 2023, terhadap pasien rawat inap di RS se-Bali ditemukan 19 kasus positif Covid-19,” ujar dr Anom kepada NusaBali, Kamis (21/12). Sebelumnya pada Rabu (13/12) lalu, Diskes Bali merilis data jumlah kasus Covid-19 mencapai 60 orang sejak dilakukan testing pada 1 Desember 2023.

Meski perkembangan kasus Covid-19 sejauh ini terkendali, dr Anom mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan termasuk menggunakan masker khususnya di tempat keramaian. “Masyarakat jangan panik karena tingkat keparahan varian Covid saat ini sangat-sangat rendah,” kata dr Anom.

Di sisi lain ia juga mengajak masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi booster Covid-19 untuk segera mendatangi fasyankes terdekat untuk mendapatkan vaksin. Dokter Anom menyampaikan capaian vaksinasi booster I di Bali telah menyentuh angka 80 persen, namun khusus untuk kelompok rentan lansia capaiannya masih rendah.

Dokter Anom menegaskan, pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di Bali. Apalagi memasuki masa liburan akhir tahun nanti, mobilitas warga dan wisatawan di Bali akan relatif meningkat. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19. Surat edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. 7 cr78

Komentar