nusabali

Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai Siapkan Kantong Parkir Sambut Libur Nataru

  • www.nusabali.com-pelabuhan-gilimanuk-dan-padangbai-siapkan-kantong-parkir-sambut-libur-nataru

DENPASAR, NusaBali.com - Menjelang liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihak kepolisian dibantu sejumlah stakeholder terkait, akan menyiapkan beberapa kantong parkir di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana; dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, di sela-sela Apel Gelar Pasukan Pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Lapangan Niti Mandala Renon, Kamis (21/12/2023).

"Mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan dari luar Bali, pihak kepolisian akan menyiapkan dua kantong parkir di masing-masing pelabuhan tersebut," kata Kapolda.

Di Pelabuhan Gilimanuk, kantong parkir akan disiapkan di gudang Suzuki di Melaya, dan Terminal Cargo. Sedangkan, untuk Pelabuhan Padangbai sendiri, kantong parkir akan disiapkan di Yeh Malet, Karangasem dan Kusamba, Klungkung.

"Dengan adanya ketersediaan empat kantong parkir ditambah dengan sejumlah personel yang diturunkan, potensi penumpukan kendaraan di pintu masuk kedua pelabuhan tersebut diharapkan dapat terantisipasi dengan baik," ujarnya.

Selain menyiapkan kantong parkir, pihak kepolisian juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang menjadi tempat tujuan para wisatawan untuk berlibur. Lokasi tersebut terdiri dari tempat-tempat wisata di daerah Kuta dan Kuta Utara.

"Jadi rekayasa lantas itu, di Kuta dan Kuta Utara, sifatnya buka tutup. Kalau memang padat, kita alihkan. Kalau mulai lengah, kita buka lagi," terang Kombes Pol Soelistijono, Kepala Bidang Operasi Polda Bali.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang berpotensi terjadi akibat adanya penumpukan masa selama perayaan Tahun Baru 2024 mendatang. *ol4

Komentar