nusabali

‘Pesanan Kain Endek Masih Mengalir ’

  • www.nusabali.com-pesanan-kain-endek-masih-mengalir

“Satu dua masih ada permintaan,” ujar I Nyoman Sudira, perajinan tenun asal Desa Gelgel, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Rabu (20/12). Antara lain pesanan endek untuk seragam pengurus koperasi dari Badung, kemudian pengurus banjar dinas dari Kabupaten Gianyar.

Perajin tenun Bali mengaku pesanan kain tenun, khususnya kain endek  tetap mengalir.  Walau tidak seramai pada saat ’musim upacara’ adat dan keagamaan, namun  tetap bisa mempertahankan kegiatan menenun tradisional.

“Satu dua masih ada permintaan,” ujar I Nyoman Sudira, perajinan tenun asal Desa Gelgel, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Rabu (20/12). Antara lain pesanan endek untuk seragam  pengurus koperasi dari Badung, kemudian pengurus banjar dinas dari Kabupaten Gianyar.

Juga ada pembuatan kain gloyor berbahan benang rayon bekerjasama dengan pengusaha dari Lombok, NTB. “Motifnya dulu memang dari Bali, sekarang dibuat lagi,” ungkap Sudira, pemilik kerajinan tenun ‘Astiti’ ini.

Dengan pesanan-pesanan yang masih rutin mengalir, kerajinan tenun masih  tetap bisa bertahan. “Walau memang tidak seramai saat musim  upacara seperti upacara piodalan, upacara perkawinan dan lainnya,beberapa bulan lalu,” kata Sudira. K17.

Komentar