nusabali

KPU Bangli Rakit Kotak Suara Pemilu 2024

Medannya Berat, Wilayah Kintamani Dikirimi Lebih Awal

  • www.nusabali.com-kpu-bangli-rakit-kotak-suara-pemilu-2024

BANGLI, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli mulai melakukan proses perakitan kotak suara untuk Pemilu 2024. Perakitan kotak suara yang dilakukan di dua tempat berbeda tersebut ditarget selesai dalam waktu 3 hari mendatang. Wilayah Kecamatan Kintamani akan dikirimi kotak suara dan logistik lainnya lebih awal karena medannya berat.

Sekretaris KPU Bangli I Ketut Losen mengatakan, untuk perakitan kotak suara dilakukan di dua lokasi yakni di gudang A dan gudang B yang berlokasi di lingkungan LC Uma Bukal, Kelurahan/Kecamatan Bangli. Untuk pelaksanaan perakitan melibatkan 18 orang. “Perakitan kotak suara melibatkan 18 orang. Tenaga perakit mendapat upah Rp 1.700 per kotak,” ujar Losen dihubungi NusaBali Senin (18/12). 

Lanjut Losen, untuk kotak suara di gudang A dengan daya tampung 1.450 kotak suara rencananya untuk memenuhi kebutuhan di Kecamatan Susut dan Tembuku. Sementara di gudang B dengan daya tampung 2.560 kotak suara untuk memenuhi kebutuhan di Kecamatan Bangli dan Kintamani.

“Total kotak suara di KPU Bangli sebanyak 4.010 kotak. Setelah perakitan kotak suara akan disimpan di gudang lagi,” tegas Losen seraya menyebutkan nantinya kotak suara akan dipasang label dan stiker.

Terkait keamanan logistik pemilu saat musim hujan saat ini, Losen memastikan jika logistik dalam kondisi aman. Lokasi penyimpanan juga sangat memadai. “Untuk kotak suara nantinya akan dibungkus dengan kantong plastik,” ujar Losen. 

Sementara itu, untuk logistik pemilu yang sudah diterima baru 70 persen. KPU Bangli kini masih menunggu surat suara dan formulir. “Keseluruhan logistik 70 persen, yang belum ada surat suara dan formulir,” sambungnya. 

Ditambahkan Losen, untuk pendistribusian logistik ke masing-masing kecamatan akan dilakukan bertahap. Untuk Kecamatan Bangli, Susut dan Tembuku dilakukan H-1 pencoblosan. Sedangkan Kecamatan Kintamani dilakukan pada H-2 pencoblosan. “Di Kecamatan Kintamani medan cukup berat, dengan geografis perbukitan. Jadi pendistribusian perlu waktu lebih awal,” kata Losen. 7esa.

Komentar