nusabali

Punya Kelebihan, Bagnaia Memang Layak Juara

  • www.nusabali.com-punya-kelebihan-bagnaia-memang-layak-juara

BOLOGNA, NusaBali - Pengamat MotoGP Juan Martinez mengomentari kiprah Francesco Bagania di MotoGP 2023. Dia menilai Bagnaia sangat layak menjadi juara musim ini.

Menurut Martinez, Bagnaia layak menjadi juara bukan semata-mata karena kuda besi yang ditungganginya di Ducati memang moncer. Martinez justru melihat hal lain dari Pecco -panggilan akrab Bagnaia.

“Bagnaia punya nilai lebih. Pecco mampu mengendalikan diri dengan baik, meski di saat terburuk sekalipun,”kata Martinez, di Motosan, Jumat (15/12).

Pasalnya, jika menilik performa motor Ducati, Jorge Martin (Prima Pramac) seharusnya punya kekuatan yang sama. Martinez berpendapat siapa pun bisa menang dengan motor Ducati saat ini.

"Dan dari sudut pandang saya, Bagnaia pantas menjadi pemenang kejuaraan. Di saat-saat buruk, dialah yang bereaksi paling baik," jelas Juan Martinez.

Kesuksesannya di tahun ini pun membawa Bagnaia berhasil mempertahankan gelar juaranya di pentas MotoGP. Sebelumnya, Bagnaia juga diketahui meraih gelar juara di MotoGP 2022.

Sementara untuk kesuksesannya itu, Bagnaia membongkar rahasia motornya dapat mengalami peningkatan di MotoGP 2023. Dia mengatakan hal itu terjadi karena dirinya tetap tenang dalam menghadapi situasi tertekan.

Karena itu, Bagnaia pun bisa tampil lebih baik di MotoGP 2023 ketimbang musim sebelumnya. Menurutnya, hal itu terjadi karena dirinya secara alami sadar harus menjadi lebih kompetitif lagi di papan atas untuk bisa mempertahankan gelar juaranya.

“Itu kesadaran untuk lebih kompetitif. Tahun lalu, saya mendapat tekanan lebih besar dalam final di Valencia, meski saya unggul 23 poin dan hanya tinggal satu balapan lagi. Situasinya benar-benar berbeda karena tahun ini saya memasuki balapan terakhir dengan keunggulan 14 poin dan Jorge cepat,” kata Bagnaia.

Lebih lanjut, Bagnaia menilai dirinya telah meningkat pesat dalam menghadapi tekanan untuk tetap menjaga ketenangannya. Pembalap berusia 26 tahun itu yakin di setiap musim ada sesuatu hal yang bisa dipetiknya sebagai pelajaran agar menjadi pembalap yang lebih baik lagi di musim berikutnya.

“Saya pikir setiap tahun adalah proses untuk berkembang. Kami harus terus seperti ini belajar dan mencoba meningkatkan diri setiap saat,” kata Bagnaia. *

Daftar Pembalap MotoGP 2024
Aprilia : Aleix Espargaro dan Maverick Vinales
Ducati : Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini
Gresini : Alex Marquez dan Marc Marquez
LCR Honda : Takaaki Nakagami dan Johann Zarco
Yamaha : Fabio Quartararo dan  Alex Rins
Pramac Racing :  Jorge Martin dan Franco Morbidelli
KTM : Brad Binder dan  Jack Miller
Repsol Honda : Luca Marini danJoan Mir
GASGAS 3 KTM : Augusto Fernandez dan Pedro Acosta
RNF Aprilia : Miguel Oliveira dan Raul Fernandez
Mooney VR46 : Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio

Komentar