nusabali

Terbesar di Indonesia, Pasar Induk Among Tani di Batu Diresmikan

  • www.nusabali.com-terbesar-di-indonesia-pasar-induk-among-tani-di-batu-diresmikan

JAKARTA, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Induk Among Tani di Batu, Jawa Timur, yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia.

Jokowi menyebut pasar yang dibangun sejak 2021 ini telah rampung dan bisa kembali dipakai pedagang untuk berjualan.

Menurutnya, Pasar Induk Among Tani bisa menampung 2.700 kios dan los, baik di zona basah hingga kering serta zona makanan dan kuliner.

"Saya melihat ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia ini. Menempati (lahan) 3,4 hektare, gedungnya sangat megah, berlantai tiga, semuanya ditata," kata Jokowi dalam sambutannya di Batu, Jawa Timur seperti dilansir CNNIndonesia.com, pada Kamis (14/12).

"Saya tadi sepintas masuk, ditata kiosnya, sangat bagus. Ditata los-nya juga sangat bagus. Untuk kuliner dan makanan juga disendirikan," sambungnya.

Jokowi menegaskan tempat pertemuan antara pedagang dan pembeli di Batu ini bakal menjadi pasar yang bersih. Ia menekankan Pasar Induk Among Tani akan tertata rapi.

Ia secara khusus juga menyoroti fasilitas parkir yang tersedia. Jokowi mengatakan tempat parkir di pasar ini sangat luas.

"Sehingga kita harapkan pedagang semakin laris dan sejahtera. Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur," tandas Jokowi.

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Hadir pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain ke Pasar Induk Among Tani, sore nanti Jokowi bakal meresmikan ekspansi proyek smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur.

Ada juga agenda lain, seperti peresmian tiga tempat pemrosesan akhir (TPA), kunjungan ke SMK di Kota Malang, pembagian bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Malang, hingga bagi-bagi bantuan sosial beras di Gudang Bulog Gadang. 7

Komentar