nusabali

Bandara Prediksi Layani 1 Juta Penumpang

Selama Periode Natal dan Tahun Baru

  • www.nusabali.com-bandara-prediksi-layani-1-juta-penumpang

Antisipasi lonjakan penumpang, Bandara Ngurah Rai membuka Posko Nataru yang akan beroperasi mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

MANGUPURA, NusaBali
Dalam menghadapi periode peak season Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung memproyeksikan peningkatan signifikan dalam jumlah pergerakan penumpang dan pesawat. Diperkirakan sekitar 1.089.048 penumpang akan dilayani selama pelaksanaan Posko Nataru tahun ini dan mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibanding tahun sebelumnya yakni sebanyak 909.143 penumpang.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan siap menghadapi lonjakan jumlah penumpang pada saat momentum Nataru, terutama dalam pergerakan penumpang kedatangan. Diperkirakan puncak pergerakan penumpang di Bandara Ngurah Rai diperkirakan terjadi pada Jumat (22/12), dengan 72.754 penumpang dan 408 pergerakan pesawat. Lalu puncak jumlah penumpang pada periode tahun baru diperkirakan terjadi pada Selasa (2/1), dengan 69.237 penumpang dan 392 pergerakan pesawat.

“Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai, sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal. Saat awal Posko Nataru, kami prediksi bisa mencapai 35 hingga 40 ribu penumpang kedatangan,” ungkap Handy pada Kamis (14/12) sore.

Lanjut Handy mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, Bali tetap menjadi destinasi utama masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Sebagai antisipasi terhadap lonjakan penumpang, Bandara Ngurah Rai membuka Posko Nataru yang akan beroperasi selama 16 hari, mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Selain itu, Posko Keamanan juga diterapkan di area pintu masuk kendaraan dengan keterlibatan institusi TNI dan Polri.

Handy menjelaskan seluruh instansi di komunitas bandara memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layanan terbaik dari sisi keamanan hingga pelayanan angkutan Nataru. Seluruh fasilitas bandara juga dipastikan dalam kondisi prima untuk mewujudkan pelayanan angkutan yang aman dan nyaman.

“Kami juga telah menerima 605 pengajuan penerbangan tambahan (extra filght) dengan total kursi tersedia sebanyak 110.294 seat atau tempat duduk, yang terdiri dari 302 penerbangan kedatangan dan 303 penerbangan keberangkatan,” ujar Handy.

Handy menambahkan jika penerbangan tambahan itu sifatnya pengajuan. Kemudian pihaknya akan mengevaluasi dengan ketersediaan slot dan jadwal yang dimohonkan. “Untuk domestik ada delapan maskapai yang mengajukan dengan destinasi Jakarta, Surabaya, Bima, Solo, Dili, Lombok, Tambolaka, Labuan Bajo, dan Makassar. Sementara untuk internasional, diajukan oleh satu maskapai dengan destinasi Singapura,” bebernya. 7 ol3

Komentar